Coaching Clinic dan MONEV Awardee Beasiswa 5000 Doktor Kemenag di UNAIR 2019

Rangkaian aktivitas Monev yang diselenggarakan selama 2 hari mulai tgl 12-13 September bertempat di Baobab Safari Resort hotel merupakan agenda tahunan Direktorat Pendidikan dalam menjalankan peran sebagai mitra dari Kementerian Agama dalam mendidik calon Doktor dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Tahun ini monev, yang merupakan kewajiban UNAIR sebagai perguruan tinggi penyelenggara, memberikan muatan lebih kepada para awardee. Menghadirkan Mrs Martene Barwegen, salah satu pemateri yang telah berpengalaman dalam penulisan jurnal ilmiah internasional . Martene memberikan paparan awal terkait gambaran dan tantangan dalam publikasi di jurnal internasional beserta beberapa tips untuk meraihnya.

Pembicara kedua menghadirkan Dr.Purnawan Basundoro,SS.,MA selaku Direktur Sumberdaya Manusia yang memberikan gambaran bagaimana para pendidik/ dosen pasca selesai pendidikan Doktor. Peluang dan tantanga dalam pengembangan karir dosen yang harus mengemban fungsi Tri Darma Perguruan Tinggi memerlukan usaha dan motivasi yang kuat.

Sesi pembekalan akhir diisi oleh Dr. Prihartini Widiyanti,drg.,M.Kes salah satu peneliti senior dalam bidang Infeksi Tropik dan Organ buatan di Unair, serta pengajar di Fakultas Sains dan Teknologi UNAIR. drg Yanti memberikan tips , teknik dan metode untuk bisa menembus jurnal internasional. Aktifitas beliau sebagai asesor jurnal dan peneliti yang aktif dengan banyak karya, memberikan motivasi dan input yang cukup banyak bagi awardee untuk bisa mencapai target publikasi sebagai syarat kelulusan jenjang Doktor, maupun produktifitas ilmiah lainnya yang akan bermanfaat saat mengembangkan kariernya sebagai Dosen di Instansi asalnya.

Rangkaian akhir ditutup dengan evaluasi akademik dari masing-masing awardee serta progress penulisan ilmiah masing-masing. Dipandu langsung oleh kasubdit Pengembangan Pendidikan, Syahrur Marta Dwi Susilo,SS.,MA.,P.hD seluruh awardee menyampaikan beberapa permasalahan yang dihadapai dan mendapatkan masukan untuk penyelesaian masalahnya. (risk)

Related Post