REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI PROGRAM SARJANA KELAS INTERNASIONAL GELOMBANG I TAHUN 2020

Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana (S-1) Universitas Airlangga yang diterima berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Program Sarjana Kelas Internasional Gelombang I Tahun 2020, selanjutnya disebut Calon Maba UNAIR, bahwa setiap Calon Mahasiswa Baru WAJIB mengikuti proses registrasi secara online yang diatur sebagai berikut :

I. JADWAL REGISTRASI

Kegiatan Tanggal
Pengisian Biodata dan Upload Berkas Online melalui laman https://regmaba.unair.ac.id/ kemudian pilih Mandiri/Undergraduate (International Class) 13 Agustus 2020 pukul 09.00 WIB – 15 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB
Membayar UKT sesuai ketentuan melalui Bank Mandiri, BNI, BNI Syariah, BRI,  BTN, Mandiri Syariah dan Bank JATIM seluruh Indonesia dengan menyebutkan nomor peserta Kelas Internasional Gelombang I Tahun 2020 14 – 18 Agustus 2020  
Verifikasi Berkas Registrasi Online 18 – 19 Agustus 2020
Hasil Verifikasi Online (Nomor Induk Mahasiswa (NIM)) dapat dilihat pada laman https://regmaba.unair.ac.id/   20 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB
Pengisian Kuesioner dan Cetak KTM Sementara melalui laman https://cybercampus.unair.ac.id/ 20 Agustus 2020 mulai pukul 08.00 WIB
Khusus Warga Negara Indonesia Setiap Calon MABA Unair bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes WAJIB mengisi google form dengan BENAR secara online 20 – 21 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB Pengisian google form di laman http://plk.unair.ac.id/  
Pengambilan Jaket dan Tes kemampuan Bahasa Inggris (ELPT) Jadwal Menyusul Cp Jaket : Bu Titi (082283009571) Cp ELPT : Pusat Bahasa (08113538181)
Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021 Jadwal Menyusul Cp : Bu Titi (082283009571)

II. PRA REGISTRASI

  1. Calon Maba UNAIR wajib melakukan pengisian dengan lengkap dan benar Data Registrasi pada laman https://regmaba.unair.ac.id/ kemudian pilih Mandiri/Undergraduate (International Class).
  2. Calon Maba UNAIR wajib menyiapkan dokumen dan di scan serta disimpan dalam format PDF untuk file nomor 2 s/d 10 yang kemudian diunggah pada laman https://regmaba.unair.ac.id/, sebagai berikut :
No. Berkas Keterangan
1   Pas Foto Terbaru Berwarna dengan Latar Belakang MerahMemakai pakaian putih berkerah dan tidak ada logo sekolahWajah pada pas photo melihat lurus kearah kameraTidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupiPas photo merupakan close up dari kepala dan bahu sehingga memenuhi 80% dari seluruh photoTidak memakai kaca mata Format .JPG maksimal 2 MB (file asli bukan file scan)
2   Kartu Tanda Peserta Kelas Internasional Gelombang I 2020 Format PDF maksimal 2 MB
3   Ijazah/Surat Keterangan Lulus Format PDF maksimal 2 MB
SKHUN/SKHUN Sementara Format PDF maksimal 2 MB
5   Bagi Warga Negara Indonesia (WNI)      Akte Kelahiran Calon Mahasiswa Baru   Bagi Warga Negara Asing (WNA) Pasport yang masih berlaku Format PDF maksimal 2 MB
6   Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) Kartu Keluarga (KK) Asli orang tua/wali Calon Mahasiswa Baru   Bagi Warga Negara Asing (WNA) Pasport yang masih berlaku Format PDF maksimal 2 MB  
7   Surat  Pernyataan yang sudah ditandatangani di atas materai Rp. 6.000 (untuk NAPZA tidak perlu dibuktikan dengan tes hanya mengisi surat pernyataan saja) Form surat penyataan dapat diunduh di laman https://bit.ly/regissuratpernyataanunair
8   Surat Keterangan Sehat/Berbadan Sehat yang diterbitkan oleh Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah Lainnya dengan biaya sendiri Format PDF maksimal 2 MB Dapat Menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir/perkuliahan tatap muka  
9   Surat Keterangan Ketunaan bagi program studi yang mensyaratkan ketunaan Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah Lainnya dengan biaya sendiri Format PDF maksimal 2 MB Dapat Menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir/perkuliahan tatap muka (dapat menggunakan hasil tes ketunaan yang dilampirkan pada saat pendaftaran di PPMB)
10   Kartu BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes, bagi WNI yang sudah punya Format PDF maksimal 2 MB

III. PEMBAYARAN UANG KULIAH TUNGGAL (UKT)

Biaya pendidikan yang harus dibayar mahasiswa baru :

  1. Biaya Registrasi Mahasiswa Baru bagi yang diterima pada program Sarjana Kelas Internasional sebesar Rp. 1.055.000,- (satu juta lima puluh lima ribu rupiah)
  2. Penetapan besaran biaya pendidikan sesuai dengan SK Rektor, dapat dilihat pada laman https://bit.ly/educationfeeIUPUnair

Calon mahasiswa baru wajib membayar biaya pendidikan setelah melakukan pengisian formulir registrasi secara online pada tanggal 14 – 18 Agustus 2020

Pembayaran dengan  menyebutkan  Nomor Peserta Kelas Internasional Gelombang I Tahun 2020 dan dapat dilakukan melalui teller/Internet Banking (tata cara pembayaran dapat diunduh pada laman https://bit.ly/pembayaranuktonline) pada bank mitra di semua kantor cabang seluruh Indonesia sebagai berikut :

  1. Bank Mandiri,
  2. BNI,
  3. BNI Syariah,
  4. BRI,  
  5. BTN,
  6. Mandiri Syariah dan
  7. Bank JATIM

Khusus mahasiswa program S1 Ekonomi Islam diwajibkan membayar lewat Bank Syariah yang tersedia. Bank pembayaran awal menjadi dasar pembuatan KTM yang sekaligus menjadi ATM pada saat pembukaan rekening di bank cabang UNAIR.

Jika pembayaran dilakukan dari negara asal (luar Indonesia) maka dapat di transfer ke rekening Bank BNI : 0046216257 Nama Rekening : Rektor PNP Pasca dan bukti transfer dikirimkan ke nomor WhatsApp (WA) Helpdesk Keuangan Hp. +6281380044548

IV. TES KETUNAAN DAN KESEHATAN SERTA TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS (ELPT)

  1. Bagi Semua Calon Maba UNAIR wajib melakukan tes kesehatan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat/berbadan sehat (dapat disusulkan sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir atau pada saat perkuliahan tatap muka).
  2. Bagi Calon Maba UNAIR yang diterima pada program studi dibawah ini WAJIB  melakukan tes Ketunaan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah yang dibuktikan dengan surat keterangan ketunaan (dapat menggunakan hasil tes ketunaan yang dilampirkan pada saat pendaftaran di PPMB) adalah sebagai berikut
No. Program Studi Persyaratan Khusus
  1 Kedokteran Tidak buta warna total
  2 Kedokteran Gigi Tidak Buta Warna Total
  3 Farmasi Tidak Buta Warna Total & Parsial
  4 Kedokteran Hewan Tidak Buta Warna Total

3. Surat keterangan ketunaan menjadi syarat penerimaan masing masing prodi, dan jika tidak memenuhi syarat, maka akan dipindahkan ke prodi lain sesuai dengan ketentuan berlakuSurat keterangan ketunaan menjadi syarat penerimaan masing masing prodi, dan jika tidak memenuhi syarat, maka akan dipindahkan ke prodi lain sesuai dengan ketentuan berlaku

4. Calon Maba Unair harus melakukan tes kemampuan bahasa Inggris (ELPT) di Pusat Bahasa (PUSBA) UNAIR sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pada saat mulai kuliah tatap muka/offline.

V. VERIFIKASI BERKAS ONLINE

  1. Berkas Registrasi akan dilakukan verifikasi secara online pada tanggal 18 – 19 Agustus 2020
  2. Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dapat dilihat setelah dilakukan verifikasi Online pada laman http://regmaba.unair.ac.id tanggal 20 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB yang digunakan untuk pengisian kuesioner.
  3. Calon MABA Unair wajib mengisi kuesioner secara online pada laman https://cybercampus.unair.ac.id/ dengan memasukkan Username dan Password menggunakan NIM mulai tanggal 20 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB
  4. Calon MABA Unair dapat mencetak KTM Sementara setelah  mengisi kuesioner secara online pada laman https://cybercampus.unair.ac.id/.

VI. PEMBUKAAN REKENING DAN PENGAMBILAN KTM

  1. Untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang sekaligus menjadi ATM, Calon MABA Unair WAJIB melakukan pembukaan rekening di Bank Cabang UNAIR sesuai dengan bank pembayaran awal.
  2. Pengambilan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi sebagai ATM dilakukan di bank masing-masing pada Cabang Universitas Airlangga yang akan diumumkan kemudian.
  3. Tata Cara Pembukaan rekening dapat diunduh pada laman https://bit.ly/pembayaranuktonline

VII. VERIFIKASI BPJS KESEHATAN/KIS/ASKES

A. Warga Negara Asing (WNA)

Bagi mahasiswa WNA wajib mempunyai asuransi pada saat sudah tinggal di Indonesia (kuliah tatap muka) atau informasi lebih lanjut dapat menghubungi AGE (Airlangga Global Engagement) dengan email : welfare@global.unair.ac.id.

B. Warga Negara Indonesia (WNI)

  1. Setiap Calon MABA Unair bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS WAJIB mengisi google form dengan BENAR secara online mulai tanggal 20 – 21 Agustus pukul 08.00 sd 23.59 WIB di laman http://plk.unair.ac.id/
  2. Bagi Calon MABA Unair yang BELUM MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
    1. Berasal dari daerah di luar Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik,maka WAJIB daftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair). Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
    2. Berasal dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik namun hendak kos di sekitar kampus, maka WAJIB daftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair. Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
    3. Berasal dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik namun tidak kos di sekitar kampus, maka WAJIB daftar BPJS/KIS dan silahkan memilih tetap di fasilitas kesehatan pratama asal atau di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR/ Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR.
  3. Bagi Calon MABA Unair yang TELAH MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes (saat kuliah tatap muka):
    1. Berasal dari daerah luar Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, maka WAJIB pindah kepesertaan dan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair). Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
    2. Berasal dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik namun hendak kos di sekitar kampus, maka WAJIB pindah kepesertaan dan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair. Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
    3. Berasal dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik namun tidak kos di sekitar kampus, maka silahkan memilih tetap di fasilitas kesehatan pratama asal atau di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR/ Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR.
  4. Prosedur pindah faskes dapat dilakukan melalui aplikasi mobile JKN. Cara pindah faskes dapat dilihat pada: https://bit.ly/PindahFaskesPLK.
  5. Prosedur verifikasi BPJS dapat diunduh pada laman website: http://plk.unair.ac.id/
  6. Apabila terdapat kesulitan dapat chating melalui chat room di laman website tersebut.

Informasi lengkap tentang  proses registrasi mahasiswa baru dapat  diakses melalui internet di laman Unair, http://www.unair.ac.id, dan laman Direktorat Pendidikan Unair, http://pendidikan.unair.ac.id. Informasi help desk dapat menghubungi nomor di laman http://regmaba.unair.ac.id.  pada mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Ketentuan tersebut di atas mengikat bagi setiap Calon Mahasiswa Baru UNAIR Tahun Akademik 2020/2021, apabila Calon Mahasiswa Baru  tidak dapat memenuhi, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa baru UNAIR.

Surabaya, 12 Agustus 2020

An. Rektor                                         

Wakil Rektor I,

TTd

Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, M.Si.

NIP. 196306151987012001

DOWNLOAD PENGUMUMAN DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI PROGRAM SARJANA (S1) JALUR MANDIRI PUTARAN KETIGA TAHUN AKADEMIK 2019/2020PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI PROGRAM SARJANA (S1) JALUR MANDIRI PUTARAN KETIGA TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana (S-1) Universitas Airlangga yang diterima berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Program Sarjana Jalur Mandiri Putaran Ketiga Tahun Akademik 2019/2020, selanjutnya disebut Calon