REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI SELEKSI PROGRAM DIPLOMA (D3 DAN D4) TAHUN 2020

Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga yang diterima berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Program Diploma (D3 dan D4) Tahun 2020, bahwa setiap Calon Mahasiswa Baru wajib mengikuti proses registrasi secara online yang diatur sebagai berikut :

I. JADWAL REGISTRASI

Kegiatan Tanggal
Pengisian Biodata dan Upload Berkas Online melalui laman https://regmaba.unair.ac.id/ kemudian pilih menu Diploma 21 Agustus 2020 pukul 09.00 WIB s.d. 22 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB
Verifikasi Berkas Keuangan online 21 – 23 Agustus 2020
Informasi Besaran UKT (INVOICE) 23 Agustus 2020 Pukul 23.59 WIB
Membayar UKT sesuai ketentuan melalui Bank Mandiri, BNI, BNI Syariah, BRI,  BTN, Mandiri Syariah dan Bank JATIM seluruh Indonesia dengan menyebutkan nomor peserta Program Diploma Tahun 2020 24 – 26 Agustus 2020
Verifikasi Berkas Registrasi Online 28 – 30 Agustus 2020
Hasil Verifikasi Online (Nomor Induk Mahasiswa (NIM)) dapat dilihat pada laman https://regmaba.unair.ac.id/ 31 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB
Pengisian Kuesioner dan Cetak KTM Sementara melalui laman https://cybercampus.unair.ac.id/ 31 Agustus 2020 mulai pukul 08.00 WIB
Setiap Calon MABA Unair bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes WAJIB mengisi google form dengan BENAR secara online 4 September 2020 mulai pukul 08.00 WIB s.d. 6 September 2020 pukul 23.59 WIB pada laman https://bit.ly/VerifBPJS_PLK  
Pengambilan Jaket dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (ELPT) Jadwal Menyusul Cp Jaket : Resa (085852074032), Cp ELPT : Pusat Bahasa (08113538181)
Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021 Jadwal Menyusul Cp : Singgih (085733322523)

II. PRA REGISTRASI

  1. Calon Maba UNAIR wajib melakukan pengisian dengan lengkap dan benar Data Registrasi pada laman https://regmaba.unair.ac.id/ kemudian pilih menu Diploma.
  2. Calon Maba UNAIR wajib menyiapkan dokumen dan di scan serta disimpan dalam format PDF untuk file nomor 2 s/d 17 yang kemudian diunggah pada laman https://regmaba.unair.ac.id/, sebagai berikut :
No. Berkas Keterangan
1  
  • Pas Foto Terbaru Berwarna dengan Latar Belakang Merah
  • Memakai pakaian putih berkerah dan tidak ada logo sekolah
  • Wajah pada pas photo melihat lurus kearah kamera
  • Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi
  • Pas photo merupakan close up dari kepala dan bahu sehingga memenuhi 80% dari seluruh photo
  • Tidak memakai kaca mata
  • Memakai pakaian berkerah
  • Format .JPG maksimal 2 MB (file asli bukan file scan)  
    2   Kartu Tanda Peserta Program Diploma Tahun 2020 Format PDF maks 2 MB
    3   Ijazah/Surat Keterangan Lulus Format PDF maks 2 MB
    4  
  • Bagi Lulusan Tahun 2018/2019
  • SKHUN/SKHUN Sementara
  • Bagi Lulusan Tahun 2020
  • Upload Ulang Ijazah/Surat Keterangan Lulus
    Format PDF maks 2 MB
    5   Akte Kelahiran Calon Mahasiswa Baru Format PDF maks 2 MB
    6   Kartu Keluarga (KK) Asli orang tua/wali calon mahasiswa baru
  • Format PDF maks 2 MB
  • 7 Surat  Pernyataan yang sudah ditandatangani di atas materai Rp. 6.000 (untuk NAPZA tidak perlu dibuktikan dengan tes hanya mengisi surat pernyataan saja)
  • Format PDF maks 2 MB
  • Form surat penyataan dapat diunduh di laman https://bit.ly/regissuratpernyataanunair
  •  
    8   Surat Keterangan Sehat/Berbadan Sehat yang diterbitkan oleh Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah Lainnya dengan biaya sendiri
  • Format PDF maks 2 MB
  • Dapat Menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir/perkuliahan tatap muka
  •  
    9   Surat Keterangan Ketunaan bagi program studi yang mensyaratkan ketunaan Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah Lainnya dengan biaya sendiri
  • Format PDF maks 2 MB
  • Dapat Menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir/perkuliahan tatap muka
  • 10   Kartu BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS), bagi yang sudah mempunyai. Format PDF maks 2 MB
    11   Keterangan penghasilan brutto, pekerjaan dan jabatan orang tua/wali dari instansi atau tempat bekerjanya atau Surat Keterangan dari RT/RW yang berisi keterangan Pekerjaan Orang tua/wali (bagi calon mahasiswa baru yang orang tua/walinya bekerja pada sektor informal atau tidak bekerja)
  • Format PDF maks 2 MB
  • Dapat Menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir/perkuliahan tatap muka
  •  
    12   Akta Pendirian dan SIUP bagi orang tua/wali calon mahasiswa baru yang berprofesi pengusaha/wiraswasta
  • Format PDF maks 2 MB
  • Dapat Menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir/perkuliahan tatap muka
  • 13   SPPT PBB  rumah orang tua/wali calon mahasiswa baru pada tahun terakhir atau Surat Keterangan RT/RW jika rumah kontrak/kos
  • Format PDF maks 2 MB
  • Dapat Menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir/perkuliahan tatap muka
  •  
    14   pembayaran rekening listrik 2 (dua) bulan terakhir rumah orang tua/wali
  • Format PDF maks 2 MB
  • Dapat Menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir/perkuliahan tatap muka
  • 15   STNK dan bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor yang dimiliki orang tua/wali
  • Format PDF maks 2 MB
  • Dapat Menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir/perkuliahan tatap muka
  • 16   Surat Keterangan dari RT/RW yang berisi keterangan: Jumah kepemilikan rumah orang tua/wali Jumlah kepemilikan  kendaraan roda 2(dua) dan roda 4 (empat) orang tua/wali
  • Format PDF maks 2 MB
  • Dapat Menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir/perkuliahan tatap muka
  •  
    17   Foto rumah tampak depan orang tua/wali calon mahasiswa baru yang kelihatan identitas nomor/bloknya Format PDF maks 2 MB  
    1. Penentuan tarif UKT (Uang Kuliah Tunggal) didasarkan atas entry data calon mahasiswa
    2. Calon Maba UNAIR akan mendapatkan informasi  perihal besaran tarif UKT (invoice) tanggal 23 Agustus 2020 Pukul 23.59 WIB  melalui website http://regmaba.unair.ac.id.

    III. PEMBAYARAN UANG KULIAH TUNGGAL (UKT)

    Calon Mahasiswa Baru  wajib membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT), sesuai dengan hasil verifikasi keuangan pada 24 – 26 Agustus 2020.

    Pembayaran dengan  menyebutkan  Nomor Peserta Program Diploma 2020 dan dapat dilakukan di teller/ATM/Internet Banking (tata cara pembayaran dapat diunduh pada laman https://bit.ly/pembayaranuktonline)) pada bank mitra di semua kantor cabang seluruh Indonesia sebagai berikut :

    1. Bank Mandiri,
    2. BNI,
    3. BNI Syariah,
    4. BRI,  
    5. BTN,
    6. Mandiri Syariah dan
    7. Bank JATIM

    IV, TES KETUNAAN DAN KESEHATAN SERTA TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS (ELPT)

    1. Bagi Semua Calon Maba UNAIR wajib melakukan tes kesehatan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat/berbadan sehat dengan jadwal unggah menyusul (dapat disusulkan sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir atau pada saat perkuliahan tatap muka).
    2. Bagi Calon Maba UNAIR yang diterima pada program studi dibawah ini WAJIB  melakukan tes Ketunaan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah yang dibuktikan dengan surat keterangan ketunaan dengan jadwal unggah menyusul (dapat menggunakan hasil tes ketunaan pada saat pendaftaran di PPMB) adalah sebagai berikut

    Persyaratan Program Diploma 3 (D3)

    NO PROGRAM STUDI PERSYARATAN
    1   Teknologi Laboratorium Medis Tidak Buta Warna Total dan Parsial
    2   Pengobat Tradisional Tidak Buta Warna Total dan Parsial
    3   Keselamatan dan Kesehatan Kerja Tidak Buta Warna Total

    Persyaratan Program Diploma 4 (D4)

    NO PROGRAM STUDI PERSYARATAN
    1   Pengobat Tradisional Tidak buta warna total dan Parsial
    2   Teknologi Radiologi Pencitraan Tidak buta warna total dan Parsial

    3. Surat keterangan ketunaan menjadi syarat penerimaan masing masing prodi, dan jika tidak memenuhi syarat, maka akan dipindahkan ke prodi lain sesuai dengan ketentuan berlaku.

    4. Calon Maba Unair harus melakukan tes kemampuan bahasa Inggris (ELPT) di Pusat Bahasa (PUSBA) UNAIR sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pada saat mulai kuliah tatap muka/offline.

    V. VERIFIKASI BERKAS ONLINE

    1. Berkas Registrasi akan dilakukan verifikasi secara online pada tanggal 28 – 30 Agustus 2020
    2. Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dapat dilihat setelah dilakukan verifikasi Online pada laman http://regmaba.unair.ac.id tanggal 31 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB yang digunakan untuk pengisian kuesioner.
    3. Calon MABA Unair wajib mengisi kuesioner secara online pada laman https://cybercampus.unair.ac.id/ dengan memasukkan Username dan Password menggunakan NIM mulai tanggal 31 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB
    4. Calon MABA Unair dapat mencetak KTM Sementara setelah  mengisi kuesioner secara online pada laman https://cybercampus.unair.ac.id/.

    VI. PEMBUKAAN REKENING DAN PENGAMBILAN KTM

    1. Untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang sekaligus menjadi ATM, Calon MABA Unair WAJIB melakukan pembukaan rekening di Bank Cabang UNAIR sesuai dengan bank pembayaran awal.
    2. Pengambilan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi sebagai ATM dilakukan di bank masing-masing pada Cabang Universitas Airlangga yang akan diumumkan kemudian.
    3. Tata Cara Pembukaan rekening dapat diunduh pada laman https://bit.ly/pembayaranuktonline

    VII. VERIFIKASI BPJS KESEHATAN/KIS/ASKES

    1. Setiap Calon MABA Unair bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes WAJIB mengisi google form dengan BENAR secara online mulai tanggal 4 September 2020 pukul 08.00 – 6 September 2020 pukul 23.59 WIB pada laman https://bit.ly/VerifBPJS_PLK.
    2. Bagi Calon MABA Unair yang BELUM MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
      1. Berasal dari daerah di luar Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik,maka WAJIB daftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair). Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
      2. Berasal dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik namun hendak kos di sekitar kampus, maka WAJIB daftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair. Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
      3. Berasal dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik namun tidak kos di sekitar kampus, maka WAJIB daftar BPJS/KIS dan silahkan memilih tetap di fasilitas kesehatan pratama asal atau di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR/ Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR.
      4. Bagi mahasiswa baru yang tinggal di sekitar kampus maka dihimbau memindahkan kepesertaannya di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR/ Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR.
    3. Bagi Calon MABA Unair yang TELAH MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes (saat kuliah tatap muka):
      1. Berasal dari daerah luar Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, maka WAJIB pindah kepesertaan dan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair). Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
      2. Berasal dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik namun hendak kos di sekitar kampus, maka WAJIB pindah kepesertaan dan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair. Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
      3. Berasal dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik namun tidak kos di sekitar kampus, maka silahkan memilih tetap di fasilitas kesehatan pratama asal atau di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR/ Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR.
      4. Bagi mahasiswa baru yang tinggal di sekitar kampus maka dihimbau memindahkan kepesertaannya di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR/ Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR.
    4. Prosedur pindah faskes dapat dilakukan melalui aplikasi mobile JKN. Cara pindah faskes dapat dilihat pada: https://bit.ly/PindahFaskesPLK.
    5. Proses daftar bpjs dan/ pindah faskes wajib dilakukan pada saat sudah dimulai perkuliahan tatap muka. Bukti foto/screenshoot dapat diupload pada laman https://bit.ly/Upload_Bukti.
    6. Prosedur verifikasi BPJS dapat diunduh pada laman website: http://plk.unair.ac.id/
    7. Apabila terdapat kesulitan dapat chating melalui chat room di laman website tersebut.

    Informasi lengkap tentang  proses registrasi mahasiswa baru dapat  diakses melalui internet di laman Unair, http://www.unair.ac.id, dan laman Direktorat Pendidikan Unair, http://pendidikan.unair.ac.id., Informasi help desk dapat menghubungi nomor di laman http://regmaba.unair.ac.id.  pada pukul 08.00 – 16.00 WIB.

    Ketentuan tersebut di atas mengikat bagi setiap Calon Mahasiswa Baru UNAIR Tahun Akademik 2020/2021, apabila Calon Mahasiswa Baru  tidak dapat memenuhi, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa baru UNAIR.

    DOWNLOAD PENGUMUMAN DISINI

    ALUR REGISTRASI

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Related Post

    PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI PROGRAM SARJANA (S1) JALUR MANDIRI PUTARAN KETIGA TAHUN AKADEMIK 2019/2020PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI PROGRAM SARJANA (S1) JALUR MANDIRI PUTARAN KETIGA TAHUN AKADEMIK 2019/2020

    Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana (S-1) Universitas Airlangga yang diterima berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Program Sarjana Jalur Mandiri Putaran Ketiga Tahun Akademik 2019/2020, selanjutnya disebut Calon