REGISTRASI MAHASISWA BARU YANG DITERIMA MELALUI JALUR SELEKSI ALIH JENIS TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Dengan ini diumumkan kepada calon mahasiswa baru Universitas Airlangga yang diterima pada melalui Jalur Seleksi Alih Jenis Tahun Akademik 2020/2021, Wajib mengikuti proses registrasi secara onlineyang diatur sebagai berikut :

I. JADWAL REGISTRASI

Kegiatan Waktu
Pengisian Biodata dan Upload Berkas Online melalui laman https://regmaba.unair.ac.id/ pilih menu Transfer Program kemudian pilih    S1 Alih Jenis 21 Agustus 2020 pukul 09.00 WIB s.d.     23 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB
Pembayaran Biaya Pendidikan melalui Bank Mandiri, BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, Mandiri Syariah, Bank JATIM di seluruh Indonesia dengan menyebutkan nomor peserta ujian 24 – 26 Agustus 2020  
Verifikasi Berkas Registrasi Online 28 – 30 Agustus 2020
Hasil Verifikasi Online (Nomor Induk Mahasiswa (NIM)) dapat dilihat pada laman https://regmaba.unair.ac.id/ 31 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB
Pengisian Kuesioner dan Cetak KTM Sementara melalui laman https://cybercampus.unair.ac.id/ 31 Agustus 2020 mulai pukul 08.00 WIB
Setiap Calon MABA Unair bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes WAJIB mengisi google form dengan BENAR secara online 4 September 2020 mulai pukul 08.00 WIB  s.d. 6 September 2020 pukul 23.59 WIB pada laman https://bit.ly/VerifBPJS_PLK  
Pengambilan Jaket dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (ELPT) Jadwal Menyusul Cp Jaket : Resa (085852074032), Cp ELPT : Pusat Bahasa (08113538181)
Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021 Jadwal Menyusul Cp : Singgih (085733322523)

II. PRA PENDAFTARAN ULANG

  1. Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga wajib melakukan pengisian dengan lengkap dan benar secara online pada laman https://regmaba.unair.ac.id/
  2. Calon mahasiswa Baru Universitas Airlangga wajib menyiapkan dokumen dan dipindai (scan) serta disimpan dalam format PDF pada berkas nomor urut 2 s/d 8
No. Berkas Keterangan
1   -Pas Foto Terbaru Berwarna dengan Latar Belakang Merah
Memakai pakaian putih berkerah
-Tidak memakai kaca mata
-Wajah pada pas photo melihat lurus kearah kamera
-Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi
-Pas photo merupakan close up dari kepala dan bahu sehingga memenuhi 80% dari seluruh photo
Format JPGmaksimal 2 MB (file asli bukan file scan)
2   Kartu Tanda Peserta Program Alih Jenis Tahun 2020 Format PDF maks 2 MB
3   Ijazah/Surat Keterangan Lulus Diploma 3 (D3) Format PDF maks 2 MB
4   Transkrip Nilai Format PDF maks 2 MB
5   Surat  Pernyataan yang sudah ditandatangani di atas materai Rp. 6.000 yang dapat diunduh pada laman (untuk NAPZA tidak perlu dibuktikan dengan tes hanya mengisi surat pernyataan saja)
  • Format PDF maks 2 MB
  • Form surat pernyataan dapat diunduh pada laman https://bit.ly/regissuratpernyataanunair
  • Surat Keterangan Ketunaan bagi program studi yang mensyaratkan ketunaan Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah Lainnya dengan biaya sendiri
  • Format PDF maksimal2 MB
  • Dapat Menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir/perkuliahan tatap muka (dapat menggunakan hasil tes ketunaan yang dilampirkan pada saat pendaftaran di PPMB)
  • 7   Surat Keterangan Sehat/Berbadan Sehat yang diterbitkan oleh Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah Lainnya dengan biaya sendiri
  • Format PDF maks 2 MB
  • Dapat disusulkan pada saat perkuliahan tatap muka/pandemi COVID-19 berakhir.
  •  
    Kartu BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes, bagi yang sudahpunya Format PDF maksimal 2 MB

    II. PEMBAYARAN BIAYA PENDAFTARAN DAN BIAYA PENDIDIKAN

    Biaya yang harus dibayar mahasiswa baru :

    1. Biaya Registrasi Ulang Mahasiswa Baru sebesar Rp. 1.085.000,-(Satu juta delapan puluh lima ribu rupiah)
    2. Sumbangan Operasional Pendidikan (SOP) satu semester – untuk Semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021, besaran SOP sesuai dengan pilihan program studi.
    3. Sumbangan Pembinaan dan Peningkatan Pendidikan (SP3) – dibayarkan satu kali  pada saat diterima sebagai mahasiswa baru, besaran SP3 sesuai dengan pilihan  program studi.
    4. Biaya Matrikulasi – dibayarkan satu kali pada saat diterima sebagai mahasiswa baru, besaran Matrikulasi sesuai dengan pilihan program studi.
    5. Penetapan besaran Sumbangan Operasional Pendidikan (SOP), Sumbangan Pembinaan dan Peningkatan Pendidikan (SP3) dan matrikulasi dapat dilihat pada lamanhttps://bit.ly/biayastudiAJunair2020

    Calon mahasiswa baru wajib membayar biaya pendaftaran dan biaya pendidikan mulai tanggal 24 – 26 Agustus 2020

    Pembayaran dengan  menyebutkan  Nomor Peserta Masuk  Jalur Alih Jenis Tahun 2020 dan dapat dilakukan melalui teller/Internet Banking (tata cara pembayaran dapat dilihat pada laman https://bit.ly/pembayaranuktonline) pada bank mitra di semua kantor cabang seluruh Indonesia sebagai berikut :

    1. Bank Mandiri,
    2. BNI,
    3. BNI Syariah,
    4. BRI, 
    5. BTN,
    6. Mandiri Syariah dan
    7. Bank JATIM

    III. TES KETUNAAN DAN KESEHATAN SERTA TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS (ELPT)

    1. Bagi Semua Calon Maba UNAIR wajib melakukan tes kesehatan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat/berbadan sehat dengan jadwal unggah menyusul (dapat disusulkan sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir atau pada saat perkuliahan tatap muka).
    2. Bagi Calon Maba UNAIR yang diterima pada program studi dibawah ini WAJIB  melakukan tes Ketunaan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah yang dibuktikan dengan surat keterangan ketunaan dengan jadwal unggah menyusul (dapat  menggunakan hasil tes ketunaan pada saat pendaftaran di PPMB) adalah sebagai berikut
    No. Program Studi Persyaratan Khusus
    1. Kebidanan Tidak buta warna total
    2. Keperawatan Tidak buta warna total

    3. Calon Maba Unair harus melakukan tes kemampuan bahasa Inggris (ELPT) di Pusat Bahasa (PUSBA) UNAIR sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pada saat mulai kuliah tatap muka/offline.

    IV. VERIFIKASI BERKAS ONLINE

    1. Berkas Registrasi akan dilakukan verifikasi secara online pada tanggal 28 – 30 Agustus 2020
    2. Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dapat dilihat setelah dilakukan verifikasi Online pada laman http://regmaba.unair.ac.id tanggal 31 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB yang digunakan untuk cetak KTM Sementara.
    3. Calon MABA Unair dapat mencetak KTM Sementara pada laman https://cybercampus.unair.ac.id/dengan memasukkan Username dan Password menggunakan NIM mulai tanggal 31 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB

    V. PEMBUKAAN REKENING DAN PENGAMBILAN KTM

    1. Untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang sekaligus menjadi ATM, Calon MABA Unair WAJIB melakukan pembukaan rekening di Bank Cabang UNAIR sesuai dengan bank pembayaran biaya pendidikan pertama setelah pendaftaran ulang (mendapatkan KTMS Sementara).
    2. Pengambilan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi sebagai ATM dilakukan di bank masing- masing pada Cabang Universitas Airlangga yang akan diumumkan kemudian.

    VII. VERIFIKASI BPJS KESEHATAN/KIS/ASKES

    1. Setiap Calon MABA Unair bagi yang sudahmempunyaiataupun yang belummempunyaiBPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes WAJIBmengisi google form dengan BENAR secara online mulai tanggal 4 September 2020 pukul 08.00 – 6 September 2020 pukul 23.59 WIB pada laman https://bit.ly/VerifBPJS_PLK.
    2. Bagi Calon MABA Unair yang BELUM MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
      1. Berasal dari daerah di luar Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik,maka WAJIB daftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair). Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
      2. Berasal dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik namun hendak kos di sekitar kampus, maka WAJIB daftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair. Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
      3. Berasal dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik namun tidak kos di sekitar kampus, maka WAJIB daftar BPJS/KIS dan silahkan memilih tetap di fasilitas kesehatan pratama asal atau di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR/Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR.
    3. Bagi Calon MABA Unair yang TELAH MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes(saat kuliah tatap muka):
      1. Berasal dari daerah luar Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, maka WAJIB pindah kepesertaan dan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair). Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
      2. Berasal dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik namun hendak kos di sekitar kampus, maka WAJIB pindah kepesertaan dan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair. Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
      3. Berasal dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik namun tidak kos di sekitar kampus, maka silahkan memilih tetap di fasilitas kesehatan pratama asal atau di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR/Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR.
    4. Prosedur pindah faskes dapat dilakukan melalui aplikasi mobile JKN. Cara pindah faskes dapat dilihat pada: https://bit.ly/PindahFaskesPLK.
    5. Proses daftar bpjs dan/ pindah faskes wajib dilakukan pada saat sudah dimulai perkuliahan tatap muka.Bukti foto/screenshoot dapat diupload pada laman https://bit.ly/Upload_Bukti.
    6. Prosedur verifikasi BPJS dapat diunduh pada laman website: http://plk.unair.ac.id/
    7. Apabila terdapat kesulitan dapat chating melalui chat room di laman website tersebut.

    Informasi lengkap tentang  proses registrasi mahasiswa baru dapat  diakses melalui internet di laman Unair, http://www.unair.ac.id, dan laman Direktorat Pendidikan Unair, http://pendidikan.unair.ac.id. Informasi help desk dapat menghubungi nomor di laman http://regmaba.unair.ac.id mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

    Ketentuan tersebut di atas mengikat bagi setiap Calon Mahasiswa Baru UNAIR Tahun Akademik 2020/2021, apabila Calon Mahasiswa Baru  tidak dapat memenuhi, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa baru UNAIR.

    DOWNLOAD PENGUMUMAN DISINI

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Related Post

    PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU PROGRAM PROFESI, MAGISTER, DAN DOKTOR SEMESTER GENAP GELOMBANG III TAHUN AKADEMIK 2018/2019PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU PROGRAM PROFESI, MAGISTER, DAN DOKTOR SEMESTER GENAP GELOMBANG III TAHUN AKADEMIK 2018/2019

    Dengan ini diumumkan kepada calon mahasiswa baru Universitas Airlangga yang diterima melalui seleksi Program Profesi, Magister dan Doktor Semester Genap Gelombang III Tahun Akademik 2018/2019, Wajib mengikuti proses pendaftaran ulang

    PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI JALUR SELEKSI ALIH JENIS GELOMBANG II PUTARAN KEDUA TAHUN AKADEMIK 2019/2020PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI JALUR SELEKSI ALIH JENIS GELOMBANG II PUTARAN KEDUA TAHUN AKADEMIK 2019/2020

    Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga yang diterima melalui Jalur Seleksi Alih Jenis Gelombang II Putaran Kedua Tahun Akademik 2019/2020, bahwa setiap Calon Mahasiswa Baru wajib mengikuti