REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI PROGRAM SARJANA JALUR MANDIRI KEMITRAAN TAHUN 2020

Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana (S-1) Universitas Airlangga yang diterima berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Program Sarjana Jalur Mandiri Kemitraan Tahun 2020, selanjutnya disebut Calon Maba UNAIR, bahwa setiap Calon Mahasiswa Baru WAJIB mengikuti proses registrasi secara online yang diatur sebagai berikut :

I. JADWAL REGISTRASI

Kegiatan Tanggal
Pengisian Biodata dan Upload Berkas Online melalui laman https://regmaba.unair.ac.id/ kemudian pilih menu Mandiri/Undergraduate (International Class) 27 Agustus 2020 pukul 09.00 WIB s/d 28 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB
Pembayaran biaya pendidikan (UKS dan UKA) sesuai ketentuan melalui Bank Mandiri, BNI, BNI Syariah, BRI,  BTN, Mandiri Syariah dan Bank JATIM seluruh Indonesia dengan menyebutkan nomor peserta jalur mandiri Kemitraan Tahun 2020 28 Agustus 2020 s/d 31 Agustus 2020  
Verifikasi Berkas Registrasi Online 30 Agustus 2020 s/d 31 Agustus 2020
Hasil Verifikasi Online (Nomor Induk Mahasiswa (NIM)) dapat dilihat pada laman https://regmaba.unair.ac.id/ 1 September 2020 pukul 10.00 WIB
Pengisian Kuesioner dan Cetak KTM Sementara melalui laman https://cybercampus.unair.ac.id/ 1 September 2020 pukul 10.00 WIB
Setiap Calon MABA Unair bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes WAJIB mengisi google form dengan BENAR secara online 4 September 2020 pukul 08.00 WIB s/d 6 September 2020 pukul 23.59 WIB Pengisian google form di laman https://bit.ly/VerifBPJS_PLK
Pengambilan Jaket Jadwal menyusul dapat dilihat pada laman https://kemahasiswaan.unair.ac.id/ Cp Jaket : Resa (085852074032)
Jadwal Tes kemampuan Bahasa Inggris (ELPT) Cp ELPT : Pusat Bahasa (08113538181)
Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021 Jadwal dapat dilihat pada laman https://kemahasiswaan.unair.ac.id/ Cp : Singgih (085733322523)

II. PRA REGISTRASI

  1. Calon Maba UNAIR wajib melakukan pengisian dengan lengkap dan benar Data Registrasi pada laman https://regmaba.unair.ac.id/ kemudian pilih Mandiri/Undergraduate (International Class).
  2. Calon Maba UNAIR WAJIB menyiapkan dokumen dan di scan serta disimpan dalam format PDF untuk file nomor 2 s/d 10 yang kemudian diunggah pada laman https://regmaba.unair.ac.id/, sebagai berikut :
No. Berkas Keterangan
1   Pas Foto Terbaru Berwarna dengan Latar Belakang MerahMemakai pakaian putih berkerah dan tidak ada logo sekolahWajah pada pas photo melihat lurus kearah kameraTidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupiPas photo merupakan close up dari kepala dan bahu sehingga memenuhi 80% dari seluruh photoTidak memakai kaca mata Format .JPG maksimal 2 MB (file asli bukan file scan)
2   Kartu Tanda Peserta Jalur Mandiri Tahun 2020 Format PDF maksimal 2 MB
3   Ijazah/Surat Keterangan Lulus Format PDF maksimal 2 MB
4   Bagi Lulusan Tahun 2018/2019 SKHUN/SKHUN Sementara Bagi Lulusan Tahun 2020 Upload Ulang Ijazah/Surat Keterangan Lulus Format PDF maksimal 2 MB
5   Akte Kelahiran Calon Mahasiswa Baru Format PDF maksimal 2 MB
6   Kartu Keluarga (KK) Asli orang tua/wali Calon Mahasiswa Baru Format PDF maksimal 2 MB  
7   Surat  Pernyataan yang sudah ditandatangani di atas materai Rp. 6.000 (untuk NAPZA tidak perlu dibuktikan dengan tes hanya mengisi surat pernyataan saja) Format PDF maksimal 2 MBForm surat penyataan dapat diunduh di laman https://bit.ly/regissuratpernyataanunair
8   Surat Keterangan Sehat/Berbadan Sehat yang diterbitkan oleh Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah Lainnya dengan biaya sendiri Format PDF maksimal 2 MBDapat Menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir/perkuliahan tatap mukaDapat menggunakan hasil tes kesehatan yang dilampirkan pada saat pendaftaran di PPMB yang berlaku 3 bulan diterbitkan
9   Surat Keterangan Ketunaan bagi program studi yang mensyaratkan ketunaan Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah Lainnya dengan biaya sendiri Format PDF maksimal 2 MBDapat Menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir/perkuliahan tatap muka Dapat menggunakan hasil tes ketunaan yang dilampirkan pada saat pendaftaran di PPMB yang berlaku 3 bulan diterbitkan
10   Kartu BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes, bagi yang sudah punya Format PDF maksimal 2 MB

III. PEMBAYARANBIAYA PENDIDIKAN

Biaya pendidikan yang harus dibayar mahasiswa baru :

  1. Uang Kuliah Semester (UKS) untuk Semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021 (besaran UKS sesuai dengan pilihan program studi)
  2. Uang Kuliah Awal (UKA) – dibayarkan satu kali  pada saat diterima sebagai mahasiswa baru, besaran UKA sesuai dengan pilihan  program studi.
  3. Penetapan besaran biaya pendidikan sesuai dengan SK Rektor, dapat dilihat pada laman https://bit.ly/biayastudimandiriunair2020.

Calon mahasiswa baru wajib membayar biaya pendidikan setelah melakukan pengisian formulir registrasi secara online pada tanggal 28 – 31 Agustus 2020.

Pembayaran dengan  menyebutkan  Nomor Peserta Jalur Mandiri Kemitraan Tahun 2020 dan dapat dilakukan melalui teller/Internet Banking (tata cara pembayaran dapat diunduh pada laman https://bit.ly/pembayaranuktonline) pada bank mitra di semua kantor cabang seluruh Indonesia sebagai berikut :

  1. Bank Mandiri,
  2. BNI,
  3. BNI Syariah,
  4. BRI,  
  5. BTN,
  6. Mandiri Syariah dan
  7. Bank JATIM

Khusus mahasiswa program S1 Ekonomi Islam diwajibkan membayar lewat Bank Syariah yang tersedia. Bank pembayaran awal menjadi dasar pembuatan KTM yang sekaligus menjadi ATM pada saat pembukaan rekening di bank cabang UNAIR.

IV. TES KETUNAAN DAN KESEHATAN SERTA TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS (ELPT)

  1. Bagi Semua Calon Maba UNAIR wajib melakukan tes kesehatan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat/berbadan sehat (dapat menggunakan hasil tes ketunaan yang dilampirkan pada saat pendaftaran di PPMB yang berlaku 3 bulan).
  2. Bagi Calon Maba UNAIR yang diterima pada program studi dibawah ini WAJIB  melakukan tes Ketunaan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah yang dibuktikan dengan surat keterangan ketunaan (dapat menggunakan hasil tes ketunaan yang dilampirkan pada saat pendaftaran di PPMB yang berlaku 3 bulan) adalah sebagai berikut
No. Program Studi Persyaratan Khusus
Kebidanan Berjenis Kelamin PerempuanTidak buta warna total dan Parsial
2   Kedokteran Tidak buta warna total dan ParsialLulusan SMA/MA IPA
3   Kedokteran Gigi Tidak Buta Warna Total
4   Farmasi Tidak Buta Warna Total & Parsial
5   Kedokteran Hewan Tidak Buta Warna Total
6   Biologi  Tidak Buta Warna Total
7   Fisika Tidak Buta Warna Total
8   Kimia Tidak Buta Warna Total & Parsial
9   Teknik Biomedis Tidak Buta Warna Total
10   Teknologi Lingkungan Tidak Buta Warna Total
11   Sistem Informasi Tidak Buta Warna Total
12   Kesehatan Masyarakat Tidak Buta Warna Total
13   Gizi Tidak Buta Warna Total
14   Keperawatan Tidak Buta Warna Total
15   Akuakultur Tidak Buta Warna Total
16   Teknologi Industri Perikanan Tidak Buta Warna Total
17   Kedokteran Hewan (PSDKU Banyuwangi) Tidak Buta Warna Total
18   Kesehatan Masyarakat (PSDKU Banyuwangi) Tidak Buta Warna Total
19   Akuakultur (PSDKU Banyuwangi) Tidak Buta Warna Total
20   Teknik Industri Tidak buta warna totalLulusan SMA/MA/IPA
21   Teknik Elektro Tidak buta warna total dan ParsialLulusan SMA/MA/IPA
22   Rekayasa Nanoteknologi Tidak buta warna total dan ParsialLulusan SMA/MA/IPA
23   Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Tidak buta warna totalLulusan SMA/MA/IPA
24   Teknologi Sains Data Tidak buta warna totalLulusan SMA/MA/IPA

3. Surat keterangan ketunaan menjadi syarat penerimaan masing masing prodi, dan jika tidak memenuhi syarat, maka akan dipindahkan ke prodi lain sesuai dengan ketentuan berlaku

4. Calon Maba Unair harus melakukan tes kemampuan bahasa Inggris (ELPT) di Pusat Bahasa (PUSBA) UNAIR sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pada saat mulai kuliah tatap muka/offline.

V. VERIFIKASI BERKAS ONLINE

  1. Berkas Registrasi akan dilakukan verifikasi secara online pada tanggal 30 – 31 Agustus 2020
  2. Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dapat dilihat setelah dilakukan verifikasi Online pada laman http://regmaba.unair.ac.id tanggal 1 September 2020 pukul 10.00 WIB yang digunakan untuk pengisian kuesioner.
  3. Calon MABA Unair wajib mengisi kuesioner secara online pada laman https://cybercampus.unair.ac.id/ dengan memasukkan Username dan Password menggunakan NIM mulai tanggal 1 September 2020 pukul 10.00 WIB.
  4. Calon MABA Unair dapat mencetak KTM Sementara setelah  mengisi kuesioner secara online pada laman https://cybercampus.unair.ac.id/.

VI. PEMBUKAAN REKENING DAN PENGAMBILAN KTM

  1. Untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang sekaligus menjadi ATM, Calon MABA Unair WAJIB melakukan pembukaan rekening di Bank Cabang UNAIR sesuai dengan bank pembayaran awal.
  2. Pengambilan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi sebagai ATM dilakukan di bank masing-masing pada Cabang Universitas Airlangga yang akan diumumkan kemudian.
  3. Tata Cara Pembukaan rekening dapat diunduh pada laman https://bit.ly/pembayaranuktonline

VII. VERIFIKASI BPJS KESEHATAN/KIS/ASKES

  1. Setiap Calon MABA Unair bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes WAJIB mengisi google form dengan BENAR secara online mulai tanggal 4 September 2020 pukul 08.00 WIB s.d. 6 September 2020 pukul 23.59 WIB di laman https://bit.ly/VerifBPJS_PLK
  2. Bagi Calon MABA Unair yang BELUM MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
    1. Berasal dari daerah di luar Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik,maka WAJIB daftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair). Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
    2. Berasal dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik namun hendak kos di sekitar kampus, maka WAJIB daftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair. Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
    3. Berasal dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik namun hendak kos di sekitar kampus, maka WAJIB daftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair. Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
    4. Bagi mahasiswa baru yang tinggal di sekitar kampus maka dihimbau memindahkan kepesertaannya di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR/ Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR.
  3. Bagi Calon MABA Unair yang TELAH MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes (saat kuliah tatap muka):
    1. Berasal dari daerah luar Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, maka WAJIB pindah kepesertaan dan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair). Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
    2. Berasal dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik namun hendak kos di sekitar kampus, maka WAJIB pindah kepesertaan dan memilih fasilitas kesehatan Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus A/B Unair. Klinik PLK-UA Kampus C Unair (bagi calon maba yang berkuliah di Kampus C Unair).
    3. Berasal dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik namun tidak kos di sekitar kampus, maka silahkan memilih tetap di fasilitas kesehatan pratama asal atau di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR/ Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR.
    4. Bagi mahasiswa baru yang tinggal di sekitar kampus maka dihimbau memindahkan kepesertaannya di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR/ Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR.
  4. Prosedur pindah faskes dapat dilakukan melalui aplikasi mobile JKN. Cara pindah faskes dapat dilihat pada: https://bit.ly/PindahFaskesPLK.
  5. Proses daftar bpjs dan/ pindah faskes WAJIB dilakukan pada saat sudah dimulai perkuliahan tatap muka. Bukti foto/screenshoot dapat diupload pada laman https://bit.ly/Upload_Bukti.
  6. Prosedur verifikasi BPJS dapat diunduh pada laman website: http://plk.unair.ac.id/
  7. Apabila terdapat kesulitan dapat chating melalui chat room di laman website tersebut.

Informasi lengkap tentang  proses registrasi mahasiswa baru dapat  diakses melalui internet di laman Unair, http://www.unair.ac.id, dan laman Direktorat Pendidikan Unair, http://pendidikan.unair.ac.id. Informasi help desk dapat menghubungi nomor di laman http://regmaba.unair.ac.id.  pada mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Ketentuan tersebut di atas mengikat bagi setiap Calon Mahasiswa Baru UNAIR Tahun Akademik 2020/2021, apabila Calon Mahasiswa Baru  tidak dapat memenuhi, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa baru UNAIR.

Surabaya, 26 Agustus 2020

An. Rektor                                          

Wakil Rektor I,

Ttd

Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, M.Si.

NIP. 196306151987012001

DOWNLOAD PENGUMUMAN DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post