Announcement REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI PROGRAM SARJANA KELAS INTERNASIONAL GELOMBANG I TAHUN 2021

REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI PROGRAM SARJANA KELAS INTERNASIONAL GELOMBANG I TAHUN 2021

Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana (S-1) Universitas Airlangga yang diterima berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Program Sarjana Kelas Internasional Gelombang I Tahun 2021, selanjutnya disebut Calon Maba UNAIR, bahwa setiap Calon Mahasiswa Baru WAJIB mengikuti proses registrasi secara online yang diatur sebagai berikut :

I. JADWAL REGISTRASI

No. Kegiatan Tanggal
1 Pengisian Biodata dan Upload Berkas Online melalui laman https://regmaba.unair.ac.id/ kemudian pilih Mandiri/Undergraduate (International Class) 24 s/d 29 Maret 2021
2

Pembayaran Biaya Pendidikan melalui teller/Internet Banking melalui bank mitra Universitas Airlangga di seluruh Indonesia dengan menyebutkan nomor peserta ujian undergraduate (tata cara pembayaran dapat dilihat pada laman http://bit.ly/pembayaranuktonline). Berikut adalah bank mitra Universitas Airlangga :

Bank Mandiri,

BNI,

BNI Syariah,

BRI, 

BTN,

Mandiri Syariah dan

Bank JATIM

Khusus mahasiswa program S1 Ekonomi Islam diwajibkan membayar lewat Bank Syariah yang tersedia

30 Maret s/d 1 April 2021    
 3 Verifikasi Berkas Registrasi Online Berkas yang sudah diverifikasi akan tampil nomor Induk Mahasiswa (NIM)) dan dapat dilihat pada laman https://regmaba.unair.ac.id/   3 s/d 7 April 2021
4 Pengisian Kuesioner dan Cetak/Unduh KTM Sementara melalui laman https://cybercampus.unair.ac.id/ Dilakukan setelah mendapatkan NIM/sudah diverifikasi dengan login Username dan password dengan memasukkan NIM
 5 Khusus Warga Negara Indonesia Pengisian data online bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes   Catatan : Penjelasan tentang pindah faskes dapat dilihat pada butir VI pada pengumuman ini Mulai 8 – 20 April 2021 Pada laman https://bit.ly/Verif-BPJS-PLK-Maba2021   Sedangkan bukti daftar BPJS/KIS dan/atau pindah fasilitas kesehatan PLK diupload pada laman
 https://bit.ly/Upload_Bukti   Informasi lengkap dapat dilihat Informasi lengkap dapat dilihat pada laman http://plk.unair.ac.id/halaman-download/  atau instagram: @plk.unair
6 Pengambilan Jaket Jadwal menyusul dapat dilihat pada laman http://kemahasiswaan.unair.ac.id/ Cp Jaket : Bu Titi (082283009571)
7 Jadwal Tes kemampuan Bahasa Inggris (ELPT) Jadwal dapat dilihat pada laman http://pusatbahasa.unair.ac.id/ Cp ELPT : Pusat Bahasa (Hp. 08113538181)
8 Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2021 Jadwal dapat dilihat pada laman https://kemahasiswaan.unair.ac.id/ Cp : Bu Titi (082283009571)

II. PRA REGISTRASI

  1. Calon Maba UNAIR wajib melakukan pengisian dengan lengkap dan benar Data Registrasi pada laman https://regmaba.unair.ac.id/ kemudian pilih Mandiri/Undergraduate (International Class).
  2. Calon Maba UNAIR WAJIB menyiapkan dokumen dan di scan serta disimpan dalam format PDF untuk file nomor 2 s/d 9 yang kemudian diunggah pada laman https://regmaba.unair.ac.id/, sebagai berikut :
No. Berkas Keterangan
1

Pas Foto Terbaru dengan kriteria sebagai berikut :

Berwarna dengan Latar Belakang Merah

Memakai pakaian putih berkerah Bagi yang berjilbab, warna jilbab bebas

Tidak memakai kaca mata

Wajah dan badan pada pas photo melihat lurus kearah kamera

Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi

Pas photo merupakan close up dari kepala dan dada sehingga memenuhi 80% dari seluruh photo

Format .JPG maksimal 2 MB (file asli bukan file scan)
2 Kartu Tanda Peserta Kelas Internasional   Format PDF maksimal 2 MB
3

Bagi Lulusan Tahun 2019 dan 2020       Ijazah/Surat Keterangan Lulus  

Bagi Lulusan Tahun 2021 Rapor Semester 1 s/d 5  

Format PDF maksimal 2 MB
4

Bagi Warga Negara Indonesia (WNI)   Akte Kelahiran Calon Mahasiswa Baru Bagi Warga Negara Asing (WNA) Pasport yang masih berlaku  

Format PDF maksimal 2 MB
5

Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) Kartu Keluarga (KK) Asli orang tua/wali Calon Mahasiswa Baru  

Bagi Warga Negara Asing (WNA) Pasport yang masih berlaku  

Format PDF maksimal 2 MB  
6 Surat  Pernyataan yang sudah ditandatangani di atas materai Rp. 10.000 (untuk NAPZA tidak perlu dibuktikan dengan tes hanya mengisi surat pernyataan saja)

Format PDF maksimal 2 MB

Form surat penyataan dapat diunduh di laman http://bit.ly/spregmabaua

7 Surat Keterangan Ketunaan bagi program studi yang mensyaratkan ketunaan Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah Lainnya dengan biaya sendiri Format PDF maksimal 2 MB
8 Surat Keterangan Sehat/Berbadan Sehat yang diterbitkan oleh Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah Lainnya dengan biaya sendiri Format PDF maksimal 2 MBDapat Menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir/perkuliahan tatap muka
9 Kartu BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes, bagi WNI yang sudah mempunyai Format PDF maksimal 2 MB

III. PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN (Education Fees)

Biaya pendidikan yang harus dibayar mahasiswa baru :

  1. Biaya Registrasi Mahasiswa Baru bagi yang diterima pada program Sarjana Kelas Internasional sebesar Rp. 1.055.000,- (satu juta lima puluh lima ribu rupiah)
  2. Penetapan besaran biaya pendidikan sesuai dengan SK Rektor, dapat dilihat pada laman http://bit.ly/educationfeeIUPUnair

Bank pembayaran awal menjadi dasar pembuatan KTM yang sekaligus menjadi ATM pada saat pembukaan rekening di bank cabang UNAIR.

Jika pembayaran dilakukan dari negara asal (luar Indonesia) maka dapat di transfer ke rekening

Nama Bank                  : BNI

Alamat Bank                : Jl. Airlangga No. 4 Surabaya

Nomor rekening           : 0046216257

Nama Rekening           : REKTOR UNAIR

Swift Code                   : BNINIDJA

bukti transfer dikirimkan ke nomor WhatsApp (WA) Helpdesk Keuangan Hp. +6287714480600

IV. TES KETUNAAN DAN KESEHATAN SERTA TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS (ELPT)

  1. Bagi Semua Calon Maba UNAIR wajib melakukan tes kesehatan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat/berbadan sehat (dapat menggunakan surat keterangan sehat yang dilampirkan pada saat pendaftaran di PPMB yang berlaku 3 bulan sejak diterbitkan).
  2. Bagi Calon Maba UNAIR yang diterima pada program studi dibawah ini WAJIB  melakukan tes Ketunaan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah yang dibuktikan dengan surat keterangan ketunaan (dapat menggunakan hasil tes ketunaan yang dilampirkan pada saat pendaftaran di PPMB yang berlaku 3 bulan sejak diterbitkan) adalah sebagai berikut
No. Program Studi Persyaratan Khusus
 1 Kedokteran Tidak buta warna total
 2 Kedokteran Gigi Tidak Buta Warna Total
 3 Farmasi Tidak Buta Warna Total & Parsial
 4 Kedokteran Hewan Tidak Buta Warna Total

V. PEMBUKAAN REKENING DAN PENGAMBILAN KTM

  1. Untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang sekaligus menjadi ATM, Calon MABA Unair WAJIB melakukan pembukaan rekening di Bank Cabang UNAIR sesuai dengan bank pembayaran awal.
  2. Pengambilan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi sebagai ATM dilakukan di bank masing-masing pada Cabang Universitas Airlangga yang akan diumumkan kemudian.

VI. VERIFIKASI BPJS KESEHATAN/KIS/ASKES

A. Warga Negara Asing (WNA)

Bagi mahasiswa WNA wajib mempunyai asuransi pada saat sudah tinggal di Indonesia (kuliah tatap muka) atau informasi lebih lanjut dapat menghubungi AGE (Airlangga Global Engagement) dengan email : welfare@global.unair.ac.id.

B. Warga Negara Indonesia (WNI)

Setiap Calon MABA WNI Unair bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes WAJIB  mengisi google form dengan BENAR secara online dilaman https://bit.ly/Verif-BPJS-PLK-Maba2021.

  1. Bagi calon Maba yang BELUM MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
  • Bertempat tinggal di luar Kota Surabaya DIHARAPKAN segera mendaftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan yang dekat tempat tinggal. Apabila perkuliahan telah dilaksanakan secara offline, dan mahasiswa kemudian berdomisili di Surabaya, maka mahasiswa wajib segera memindah kepesertaan BPJS nya ke Klinik PLK-UA Kampus B atau klinik PLK-UA Kampus C. Mekanisme pemindahan kepesertaan bisa dilakukan sendiri melalui JKN Mobile.
  • Bertempat tinggal di Kota Surabaya (sekitar Kampus) maka DIHARAPKAN segera mendaftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR atau Klinik PLK-UA Kampus C Unair

2. Bagi calon Maba yang TELAH MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:

  1. Bertempat tinggal di Kota Surabaya (sekitar Kampus), DIHARAPKAN pindah kepesertaan dan memilih fasilitas kesehatan di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR  atau Klinik PLK-UA Kampus C Unair.
  2. Bertempat tinggal di luar kota Surabaya, untuk proses pindah faskes dilakukan apabila perkuliahan sudah dilakukan secara offline.

Informasi lengkap tentang  proses registrasi mahasiswa baru dapat  diakses melalui internet di laman Unair, https://www.unair.ac.id, dan laman Direktorat Pendidikan Unair, http://pendidikan.unair.ac.id. Informasi help desk dapat menghubungi nomor di laman https://regmaba.unair.ac.id.  pada mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Ketentuan tersebut di atas mengikat bagi setiap Calon Mahasiswa Baru UNAIR Tahun Akademik 2021/2022, apabila Calon Mahasiswa Baru  tidak dapat memenuhi, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa baru UNAIR.

Surabaya, 22 Maret 2021

a.n. Rektor                                                      

Wakil Rektor AMA,

ttd

Prof. Dr. Bambang Sektiari Lukiswanto, drh., DEA NIP. 196208111989031009  

DOWNLOAD FILE PENGUMUMAN DISINI 


Download

Related Post

×