Calon mahasiswa Peogram Sarjana Universitas Airlangga yang lulus seleksi Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) WAJIB mengikuti proses registrasi secara online yang diatur sebagai berikut :
I. JADWAL REGISTRASI
No | Kegiatan | Tanggal |
1 | Pengisian Biodata dan Upload Berkas Online melalui laman https://regmaba.unair.ac.id/ kemudian pilih menu SNMPTN | 24 Maret 2021 s/d 29 Maret 2021 |
2 | Verifikasi Berkas Keuangan online | 24 s/d 29 Maret 2021 |
3 | Informasi Besaran UKT (INVOICE) | 29 Maret 2021 pukul 23.59 WIB |
4 |
Pembayaran Biaya Pendidikan melalui ATM/teller/Internet Banking melalui bank mitra Universitas Airlangga di seluruh Indonesia dengan menyebutkan nomor peserta ujian (tata cara pembayaran dapat dilihat pada laman ). Berikut adalah bank mitra Universitas Airlangga : 1, Bank Mandiri, 2. BNI, 3. BNI Syariah, 4. BRI, 5. BTN, 6. Mandiri Syariah dan 7. Bank JATIM Khusus mahasiswa program S1 Ekonomi Islam diwajibkan membayar lewat Bank Syariah yang tersedia |
30 Maret s/d 1 April 2021 Bagi mahasiswa penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tahun 2021 yang diterima di SNMPTN UNAIR 2021 tidak perlu melakukan pembayaran hanya menunggu verifikasi berkas online |
5 | Verifikasi Berkas Registrasi Online Berkas yang sudah diverifikasi akan tampil Nomor Induk Mahasiswa (NIM)) dan dapat dilihat pada laman https://regmaba.unair.ac.id/ |
3 s/d 7 April 2021 (Apabila ada berkas yang perlu diperbaiki maka akan ada notifikasi pada https://regmaba.unair.ac.id/ dan SMS) |
6 | Pengisian Kuesioner dan Cetak KTM Sementara melalui laman https://cybercampus.unair.ac.id/ | Dilakukan setelah mendapatkan NIM/sudah diverifikasi dengan login Username dan password dengan memasukkan NIM |
7 |
Pengisian data online bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes. Catatan : Penjelasan tentang pindah faskes dapat dilihat pada buti VI pada pengumuman ini |
1. 8 s/d 20 April 2021, pada laman 2. bukti daftar BPJS/KIS dan/atau pindah fasilitas kesehatan PLK diupload pada laman 3. Informasi lengkap dapat dilihat Informasi lengkap dapat dilihat pada laman http://plk.unair.ac.id/halaman-download/ atau instagram: @plk.unair |
8 | Pengambilan Jaket |
Jadwal menyusul dapat dilihat pada laman https://kemahasiswaan.unair.ac.id/ Cp Jaket : 1. Jojok (Hp/WA. 082231064107) 2.Ilham (Hp/WA. 081259166445) |
9 | Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 | Jadwal dapat dilihat pada laman https://kemahasiswaan.unair.ac.id/ |
10 | Jadwal Tes kemampuan Bahasa Inggris (ELPT) |
Jadwal dapat dilihat pada laman https://pusatbahasa.unair.ac.id/ Cp ELPT : Pusat Bahasa (Hp. 08113538181) |
II. PRA REGISTRASI
- Calon Maba SNMPTN UNAIR wajib melakukan pengisian dengan lengkap dan benar Data Registrasi pada laman https://regmaba.unair.ac.id/ serta mempersiapkan dokumen sebagai berikut
- Calon Maba SNMPTN UNAIR wajib menyiapkan dokumen dan dipindai (scan) serta disimpan dalam format PDF untuk file nomor 2 s/d 17 yang kemudian diunggah pada laman https://regmaba.unair.ac.id/, sebagai berikut :
No. | Berkas | Keterangan |
1 |
Pas Foto Terbaru dengan kriteria sebagai berikut :
|
Format : jpg Ukuran : maks. 2 MB |
2 | Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2021 yang telah ditandatangani |
Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
3 | Rapor Asli Semester 1 s/d 5 |
Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
4 | Akte Kelahiran Calon Mahasiswa Baru |
Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
5 | Kartu Keluarga (KK) Asli orang tua/wali calon mahasiswa baru |
Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
6 | Surat Pernyataan yang sudah ditandatangani di atas materai Rp. 10.000 (untuk NAPZA tidak perlu dibuktikan dengan tes hanya mengisi surat pernyataan saja) |
1. Form surat penyataan diunduh di laman 2. Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
7 | Surat Keterangan Ketunaan bagi program studi yang mensyaratkan ketunaan Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah Lainnya dengan biaya sendiri (syarat ketunaan lihat pada butir III) |
Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
8 | Surat Keterangan Sehat/Berbadan Sehat yang diterbitkan oleh Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah Lainnya dengan biaya sendiri |
Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
9 | Kartu BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS), bagi yang sudah mempunyai. |
Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
10 | Keterangan penghasilan brutto, pekerjaan dan jabatan orang tua/wali dari instansi atau tempat bekerjanya atau Surat Keterangan dari RT/RW yang berisi keterangan Pekerjaan Orang tua/wali (bagi calon mahasiswa baru yang orang tua/walinya bekerja pada sektor informal atau tidak bekerja) |
Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
11 | Akta Pendirian dan SIUP bagi orang tua/wali calon mahasiswa baru yang berprofesi pengusaha/wiraswasta |
Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
12 | SPPT PBB rumah orang tua/wali calon mahasiswa baru pada tahun terakhir atau Surat Keterangan RT/RW jika rumah kontrak/kos |
Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
13 | pembayaran rekening listrik 2 (dua) bulan terakhir rumah orang tua/wali |
Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
14 | STNK dan bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor yang dimiliki orang tua/wali |
Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
15 | Surat Keterangan dari RT/RW yang berisi keterangan: Jumah kepemilikan rumah orang tua/wali Jumlah kepemilikan kendaraan roda 2(dua) dan roda 4 (empat) orang tua/wali |
1. Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) 2. Surat Keterangan dari RT/RW dapat menyusul atau menggunakan surat pernyataan orang tua/ wali bermaterai 10.000 |
16 | Foto rumah tampak depan orang tua/wali calon mahasiswa baru yang kelihatan identitas nomor/bloknya | Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
3. Penentuan tarif UKT (Uang Kuliah Tunggal) didasarkan atas entry data calon mahasiswa.
4. Calon Maba SNMPTN UNAIR akan mendapatkan informasi perihal besaran tarif UKT (invoice) tanggal 29 Maret 2021 Pukul 23.59 WIB melalui website https://regmaba.unair.ac.id.
III. TES KETUNAAN DAN KESEHATAN SERTA TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS (ELPT)
- Bagi Semua Calon Maba UNAIR wajib melakukan tes kesehatan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat/berbadan sehat (berkas dapat menyusul)
- Bagi Calon Maba UNAIR yang diterima pada program studi dibawah ini WAJIB melakukan tes Ketunaan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah yang dibuktikan dengan surat keterangan ketunaan adalah sebagai berikut
No. | Program Studi | Persyaratan Khusus |
1 | Kebidanan | Berjenis Kelamin PerempuanTidak buta warna total dan Parsial |
2 | Kedokteran | Tidak buta warna total dan ParsialLulusan SMA/MA IPA |
3 | Kedokteran Gigi | Tidak Buta Warna Total |
4 | Farmasi | Tidak Buta Warna Total & Parsial |
5 | Kedokteran Hewan | Tidak Buta Warna Total |
6 | Biologi | Tidak Buta Warna Total |
7 | Fisika | Tidak Buta Warna Total |
8 | Kimia | Tidak Buta Warna Total & Parsial |
9 | Teknik Biomedis | Tidak Buta Warna Total |
10 | Teknologi Lingkungan | Tidak Buta Warna Total |
11 | Sistem Informasi | Tidak Buta Warna Total |
12 | Kesehatan Masyarakat | Tidak Buta Warna Total |
13 | Gizi | Tidak Buta Warna Total |
14 | Akuakultur | Tidak Buta Warna Total |
15 | Teknologi Industri Perikanan | Tidak Buta Warna Total |
16 | Kedokteran Hewan (PSDKU Banyuwangi) | Tidak Buta Warna Total |
17 | Kesehatan Masyarakat (PSDKU Banyuwangi) | Tidak Buta Warna Total |
18 | Akuakultur (PSDKU Banyuwangi) | Tidak Buta Warna Total |
19 | Teknik Industri | Tidak buta warna totalLulusan SMA/MA/IPA |
20 | Teknik Elektro | Tidak buta warna total dan ParsialLulusan SMA/MA/IPA |
21 | Rekayasa Nanoteknologi | Tidak buta warna total dan ParsialLulusan SMA/MA/IPA |
22 | Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan | Tidak buta warna totalLulusan SMA/MA/IPA |
23 | Teknologi Sains Data | Tidak buta warna totalLulusan SMA/MA/IPA |
3. Calon Maba Unair harus melakukan tes kemampuan bahasa Inggris (ELPT) di Pusat Bahasa (PUSBA) UNAIR sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh PUSBA pada laman http://pusatbahasa.unair.ac.id/.
IV. PEMBUKAAN REKENING DAN PENGAMBILAN KTM
- Untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang sekaligus menjadi ATM, Calon MABA Unair WAJIB melakukan pembukaan rekening di Bank Cabang UNAIR sesuai dengan bank pembayaran awal.
- Pengambilan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi sebagai ATM dilakukan di bank masing- masing pada Cabang Universitas Airlangga yang akan diumumkan kemudian.
V. VERIFIKASI BPJS KESEHATAN/KIS/ASKES
Setiap Calon MABA Unair bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes WAJIB mengisi google form dengan BENAR secara online dilaman
- Bagi calon Maba yang BELUM MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
- Bertempat tinggal di luar Kota Surabaya DIHARAPKAN segera mendaftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan yang dekat tempat tinggal. Apabila perkuliahan telah dilaksanakan secara offline, dan mahasiswa kemudian berdomisili di Surabaya, maka mahasiswa wajib segera memindah kepesertaan BPJS nya ke Klinik PLK-UA Kampus B atau klinik PLK-UA Kampus C. Mekanisme pemindahan kepesertaan bisa dilakukan sendiri melalui JKN Mobile.
- Bertempat tinggal di Kota Surabaya (sekitar Kampus) maka DIHARAPKAN segera mendaftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR atau Klinik PLK-UA Kampus C Unair.
- Bagi calon Maba yang TELAH MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
- Bertempat tinggal di Kota Surabaya (sekitar Kampus), DIHARAPKAN pindah kepesertaan dan memilih fasilitas kesehatan di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR atau Klinik PLK-UA Kampus C Unair.
- Bertempat tinggal di luar kota Surabaya, untuk proses pindah faskes dilakukan apabila perkuliahan sudah dilakukan secara offline.
Calon Mahasiswa Unair yang telah melakukan pendaftaran BPJS/KIS dan pindah faskes ke Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR atau Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR WAJIB mengirim bukti foto ke link:
VI. CALON MAHASISWA PENERIMA BANTUAN KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) KULIAH TAHUN 2021
- Bagi calon mahasiswa baru penerima Bantuan KIP Kuliah Tahun 2021 melalui Jalur SNMPTN diwajibkan mengisi berkas persyaratan KIP Kuliah, berkas persyaratan dapat di unduh pada laman website https://www.kemahasiswaan.unair.ac.id.
- Berkas persyaratan KIP Kuliah, yang telah di lengkapi dapat dikirim melalui Email kemahasiswaan@ditkm.unair.ac.id mulai tanggal 8 s/d 17 April 2021.
- Untuk verifikasi tatap muka dan penjelasan penerimaan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah Tahun 2021 jadwal menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir (Jadwal akan diumumkan di laman website https://www.kemahasiswaan.unair.ac.id).
Informasi lengkap tentang proses registrasi mahasiswa baru dapat diakses melalui internet di laman Unair, https://www.unair.ac.id, dan laman Direktorat Pendidikan Unair, https://pendidikan.unair.ac.id. Informasi help desk dapat menghubungi nomor di laman https://regmaba.unair.ac.id. pada mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.
Ketentuan tersebut di atas mengikat bagi setiap Calon Mahasiswa Baru UNAIR Tahun Akademik 2020/2021, apabila Calon Mahasiswa Baru tidak dapat memenuhi, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa baru UNAIR.
Surabaya, 22 Maret 2021
a.n. Rektor
Wakil Rektor AMA,
TTd
Prof. Dr. Bambang Sektiari Lukiswanto, drh., DEA
NIP. 196208111989031009
DOWNLOAD FILE PENGUMUMAN DISINI