REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2021

Calon mahasiswa Peogram Sarjana Universitas Airlangga yang lulus seleksi Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) WAJIB mengikuti proses registrasi secara online yang diatur sebagai berikut :

I. JADWAL REGISTRASI

No Kegiatan Tanggal
 1 Pengisian Biodata dan Upload Berkas Online melalui laman https://regmaba.unair.ac.id/ kemudian pilih menu SNMPTN 24 Maret 2021 s/d 29 Maret 2021
 2 Verifikasi Berkas Keuangan online 24 s/d 29 Maret 2021
 3 Informasi Besaran UKT (INVOICE) 29 Maret 2021 pukul 23.59 WIB
 4

Pembayaran Biaya Pendidikan melalui ATM/teller/Internet Banking melalui bank mitra Universitas Airlangga di seluruh Indonesia dengan menyebutkan nomor peserta ujian (tata cara pembayaran dapat dilihat pada laman http://bit.ly/pembayaranuktonline). Berikut adalah bank mitra Universitas Airlangga :

1, Bank Mandiri,

2. BNI,

3. BNI Syariah,

4. BRI, 

5. BTN,

6. Mandiri Syariah dan

7. Bank JATIM

Khusus mahasiswa program S1 Ekonomi Islam diwajibkan membayar lewat Bank Syariah yang tersedia

30 Maret s/d 1 April 2021  

Bagi mahasiswa penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tahun 2021 yang diterima di SNMPTN UNAIR 2021 tidak perlu melakukan pembayaran hanya menunggu verifikasi berkas online

 5 Verifikasi Berkas Registrasi Online Berkas yang sudah diverifikasi akan tampil Nomor Induk Mahasiswa (NIM)) dan dapat dilihat pada laman https://regmaba.unair.ac.id/

3 s/d 7 April 2021

(Apabila ada berkas yang perlu diperbaiki maka akan ada notifikasi pada https://regmaba.unair.ac.id/ dan SMS)

Pengisian Kuesioner dan Cetak KTM Sementara melalui laman https://cybercampus.unair.ac.id/ Dilakukan setelah mendapatkan NIM/sudah diverifikasi dengan login Username dan password dengan memasukkan NIM
 7

Pengisian data online bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes.  

Catatan : Penjelasan tentang pindah faskes dapat dilihat pada buti VI pada pengumuman ini   

1. 8 s/d 20 April 2021, pada laman https://bit.ly/Verif-BPJS-PLK-Maba2021  

2. bukti daftar BPJS/KIS dan/atau pindah fasilitas kesehatan PLK diupload pada laman  https://bit.ly/Upload_Bukti   

3. Informasi lengkap dapat dilihat Informasi lengkap dapat dilihat pada laman http://plk.unair.ac.id/halaman-download/  atau instagram: @plk.unair   

 8 Pengambilan Jaket

Jadwal menyusul dapat dilihat pada laman https://kemahasiswaan.unair.ac.id/ Cp Jaket :

1. Jojok (Hp/WA. 082231064107)

2.Ilham (Hp/WA. 081259166445)

 9 Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 Jadwal dapat dilihat pada laman https://kemahasiswaan.unair.ac.id/
10  Jadwal Tes kemampuan Bahasa Inggris (ELPT)

Jadwal dapat dilihat pada laman https://pusatbahasa.unair.ac.id/

Cp ELPT : Pusat Bahasa (Hp. 08113538181)

II. PRA REGISTRASI

  1. Calon Maba SNMPTN UNAIR wajib melakukan pengisian dengan lengkap dan benar Data Registrasi pada laman https://regmaba.unair.ac.id/ serta mempersiapkan dokumen sebagai berikut
  2. Calon Maba SNMPTN UNAIR wajib menyiapkan dokumen dan dipindai (scan) serta disimpan dalam format PDF untuk file nomor 2 s/d 17 yang kemudian diunggah pada laman https://regmaba.unair.ac.id/, sebagai berikut :
No. Berkas Keterangan
 1

Pas Foto Terbaru dengan kriteria sebagai berikut :

  • Berwarna dengan Latar Belakang Merah
  • Memakai pakaian putih berkerah
  • Bagi yang berjilbab, warna jilbab bebas
  • Tidak memakai kaca mata
  • Wajah dan badan pada pas photo melihat lurus kearah kamera
  • Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi
  • Pas photo merupakan close up dari kepala dan dada sehingga memenuhi 80% dari seluruh photo

Format : jpg

Ukuran : maks. 2 MB  

 2 Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2021 yang telah ditandatangani

Format : pdf

Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

 3 Rapor Asli Semester 1 s/d 5

Format : pdf

Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

Akte Kelahiran Calon Mahasiswa Baru

Format : pdf

Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

5 Kartu Keluarga (KK) Asli orang tua/wali calon mahasiswa baru

Format : pdf

Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

 6 Surat  Pernyataan yang sudah ditandatangani di atas materai Rp. 10.000 (untuk NAPZA tidak perlu dibuktikan dengan tes hanya mengisi surat pernyataan saja)

1. Form surat penyataan diunduh di laman http://bit.ly/spregmabaua

2. Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

7 Surat Keterangan Ketunaan bagi program studi yang mensyaratkan ketunaan Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah Lainnya dengan biaya sendiri (syarat ketunaan lihat pada butir III)

Format : pdf

Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)  

8 Surat Keterangan Sehat/Berbadan Sehat yang diterbitkan oleh Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah Lainnya dengan biaya sendiri

Format : pdf

Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

Kartu BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS), bagi yang sudah mempunyai.

Format : pdf

Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

10 Keterangan penghasilan brutto, pekerjaan dan jabatan orang tua/wali dari instansi atau tempat bekerjanya atau Surat Keterangan dari RT/RW yang berisi keterangan Pekerjaan Orang tua/wali (bagi calon mahasiswa baru yang orang tua/walinya bekerja pada sektor informal atau tidak bekerja)

Format : pdf

Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

11  Akta Pendirian dan SIUP bagi orang tua/wali calon mahasiswa baru yang berprofesi pengusaha/wiraswasta

Format : pdf

Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

12  SPPT PBB  rumah orang tua/wali calon mahasiswa baru pada tahun terakhir atau Surat Keterangan RT/RW jika rumah kontrak/kos

Format : pdf

Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

13  pembayaran rekening listrik 2 (dua) bulan terakhir rumah orang tua/wali

Format : pdf

Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

14  STNK dan bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor yang dimiliki orang tua/wali

Format : pdf

Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

15  Surat Keterangan dari RT/RW yang berisi keterangan:    Jumah kepemilikan rumah orang tua/wali Jumlah kepemilikan  kendaraan roda 2(dua) dan roda 4 (empat) orang tua/wali

1. Format  : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

2. Surat Keterangan dari RT/RW dapat menyusul atau menggunakan surat pernyataan orang tua/ wali bermaterai 10.000

 16 Foto rumah tampak depan orang tua/wali calon mahasiswa baru yang kelihatan identitas nomor/bloknya Format : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

3. Penentuan tarif UKT (Uang Kuliah Tunggal) didasarkan atas entry data calon mahasiswa.

4. Calon Maba SNMPTN UNAIR akan mendapatkan informasi  perihal besaran tarif UKT (invoice) tanggal 29 Maret 2021 Pukul 23.59 WIB  melalui website https://regmaba.unair.ac.id.

III. TES KETUNAAN DAN KESEHATAN SERTA TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS (ELPT)

  1. Bagi Semua Calon Maba UNAIR wajib melakukan tes kesehatan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat/berbadan sehat (berkas dapat menyusul)
  2. Bagi Calon Maba UNAIR yang diterima pada program studi dibawah ini WAJIB  melakukan tes Ketunaan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah yang dibuktikan dengan surat keterangan ketunaan adalah sebagai berikut
No. Program Studi Persyaratan Khusus
 1 Kebidanan Berjenis Kelamin PerempuanTidak buta warna total dan Parsial
 2 Kedokteran Tidak buta warna total dan ParsialLulusan SMA/MA IPA
 3 Kedokteran Gigi Tidak Buta Warna Total
Farmasi Tidak Buta Warna Total & Parsial
 5 Kedokteran Hewan Tidak Buta Warna Total
 6 Biologi  Tidak Buta Warna Total
 7 Fisika Tidak Buta Warna Total
 8 Kimia Tidak Buta Warna Total & Parsial
 9 Teknik Biomedis Tidak Buta Warna Total
 10 Teknologi Lingkungan Tidak Buta Warna Total
 11 Sistem Informasi Tidak Buta Warna Total
 12 Kesehatan Masyarakat Tidak Buta Warna Total
 13 Gizi Tidak Buta Warna Total
14  Akuakultur Tidak Buta Warna Total
 15 Teknologi Industri Perikanan Tidak Buta Warna Total
16  Kedokteran Hewan (PSDKU Banyuwangi) Tidak Buta Warna Total
 17 Kesehatan Masyarakat (PSDKU Banyuwangi) Tidak Buta Warna Total
18  Akuakultur (PSDKU Banyuwangi) Tidak Buta Warna Total
19  Teknik Industri Tidak buta warna totalLulusan SMA/MA/IPA
 20 Teknik Elektro Tidak buta warna total dan ParsialLulusan SMA/MA/IPA
 21 Rekayasa Nanoteknologi Tidak buta warna total dan ParsialLulusan SMA/MA/IPA
 22 Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Tidak buta warna totalLulusan SMA/MA/IPA
 23 Teknologi Sains Data Tidak buta warna totalLulusan SMA/MA/IPA

3. Calon Maba Unair harus melakukan tes kemampuan bahasa Inggris (ELPT) di Pusat Bahasa (PUSBA) UNAIR sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh PUSBA pada laman http://pusatbahasa.unair.ac.id/.

IV. PEMBUKAAN REKENING DAN PENGAMBILAN KTM

  1. Untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang sekaligus menjadi ATM, Calon MABA Unair WAJIB melakukan pembukaan rekening di Bank Cabang UNAIR sesuai dengan bank pembayaran awal.
  2. Pengambilan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi sebagai ATM dilakukan di bank masing- masing pada Cabang Universitas Airlangga yang akan diumumkan kemudian.

V. VERIFIKASI BPJS KESEHATAN/KIS/ASKES

Setiap Calon MABA Unair bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes WAJIB  mengisi google form dengan BENAR secara online dilaman https://bit.ly/Verif-BPJS-PLK-Maba2021

  1. Bagi calon Maba yang BELUM MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
    • Bertempat tinggal di luar Kota Surabaya DIHARAPKAN segera mendaftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan yang dekat tempat tinggal. Apabila perkuliahan telah dilaksanakan secara offline, dan mahasiswa kemudian berdomisili di Surabaya, maka mahasiswa wajib segera memindah kepesertaan BPJS nya ke Klinik PLK-UA Kampus B atau klinik PLK-UA Kampus C. Mekanisme pemindahan kepesertaan bisa dilakukan sendiri melalui JKN Mobile.
    • Bertempat tinggal di Kota Surabaya (sekitar Kampus) maka DIHARAPKAN segera mendaftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR atau Klinik PLK-UA Kampus C Unair.
  2. Bagi calon Maba yang TELAH MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
    • Bertempat tinggal di Kota Surabaya (sekitar Kampus), DIHARAPKAN pindah kepesertaan dan memilih fasilitas kesehatan di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR  atau Klinik PLK-UA Kampus C Unair.
    • Bertempat tinggal di luar kota Surabaya, untuk proses pindah faskes dilakukan apabila perkuliahan sudah dilakukan secara offline.

Calon Mahasiswa Unair yang telah melakukan pendaftaran BPJS/KIS dan pindah faskes ke Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR atau Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR WAJIB mengirim bukti foto ke link: https://bit.ly/Upload_Bukti

VI. CALON MAHASISWA PENERIMA BANTUAN KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) KULIAH TAHUN 2021

  1. Bagi calon mahasiswa baru penerima Bantuan KIP Kuliah Tahun 2021 melalui Jalur SNMPTN diwajibkan mengisi berkas persyaratan KIP Kuliah, berkas persyaratan dapat di unduh pada laman website https://www.kemahasiswaan.unair.ac.id.
  2. Berkas persyaratan KIP Kuliah, yang telah di lengkapi dapat dikirim melalui Email kemahasiswaan@ditkm.unair.ac.id mulai tanggal 8 s/d 17 April 2021.
  3. Untuk verifikasi tatap muka dan penjelasan penerimaan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah Tahun 2021 jadwal menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir (Jadwal akan diumumkan di laman website https://www.kemahasiswaan.unair.ac.id).

Informasi lengkap tentang  proses registrasi mahasiswa baru dapat  diakses melalui internet di laman Unair, https://www.unair.ac.id, dan laman Direktorat Pendidikan Unair, https://pendidikan.unair.ac.id. Informasi help desk dapat menghubungi nomor di laman https://regmaba.unair.ac.id.  pada mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Ketentuan tersebut di atas mengikat bagi setiap Calon Mahasiswa Baru UNAIR Tahun Akademik 2020/2021, apabila Calon Mahasiswa Baru  tidak dapat memenuhi, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa baru UNAIR.

 Surabaya, 22 Maret 2021

 a.n. Rektor                                                      

Wakil Rektor AMA,

TTd

Prof. Dr. Bambang Sektiari Lukiswanto, drh., DEA

NIP. 196208111989031009

DOWNLOAD FILE PENGUMUMAN DISINI


Download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU PROGRAM PROFESI, MAGISTER, DAN DOKTOR SEMESTER GENAP GELOMBANG III TAHUN AKADEMIK 2018/2019PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU PROGRAM PROFESI, MAGISTER, DAN DOKTOR SEMESTER GENAP GELOMBANG III TAHUN AKADEMIK 2018/2019

Dengan ini diumumkan kepada calon mahasiswa baru Universitas Airlangga yang diterima melalui seleksi Program Profesi, Magister dan Doktor Semester Genap Gelombang III Tahun Akademik 2018/2019, Wajib mengikuti proses pendaftaran ulang

REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SBMPTN) TAHUN 2020REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SBMPTN) TAHUN 2020

Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana (S-1) Universitas Airlangga yang diterima berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2020, selanjutnya disebut Calon Maba

PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR) YANG DITERIMA MELALUI SELEKSI PROGRAM DIPLOMA (D3 & D4) GELOMBANG I TAHUN AKADEMIK 2019/2020PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR) YANG DITERIMA MELALUI SELEKSI PROGRAM DIPLOMA (D3 & D4) GELOMBANG I TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga yang diterima melalui Seleksi Program Diploma  (D3 dan D4) Gelombang I Tahun Akademik 2019/2020, bahwa setiap Calon Mahasiswa Baru wajib mengikuti