BEASISWA MORA KEMENAG

Beasiswa 5000 Doktor DN KEMENAG

Pengertian Umum

Program Beasiswa Studi (BS) yang selanjutnya disebut Program Beasiswa 5000 Doktor adalah program pemberian beasiswa studi S-3 di Perguruan Tinggi DalamNegeri (PT-DN) kepada para dosen, PNS laboran dan pustakawan PTKIN, PNS tenaga kependidikan PTKIN,  serta pegawai negeri sipil yang bekerja pada program Pendidikan Islam pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI untuk ditingkatkan mutu, kapabilitas, dan profesionalitas mereka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi Islam yang berorientasi pada peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan.

Sasaran Program

  1. Dosen tetap (Pegawai Negeri Sipil/PNS maupun pegawai tetap yayasan) yang mengajar pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (negeri maupun swasta);
  2. DosenTetap (PNS atau pegawai tetap yayasan) pengampu mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) pada PTU (negeri maupun swasta);
  3. DosenTetap Bukan PNSpada PTKIN;
  4. PNS Tenaga Kependidikan pada PTKIN;
  5. PNS pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada Kementerian Agama Pusat.

Jenis Program

  1. Full scholarship (beasiswa penuh);
  2. Bantuan Penyelesaian Pendidikan (BPP);

Jenis program yang pertama mencakup biaya penyelenggaran pendidikan dan bantuan untuk kebutuhan hidup mahasiswa. Biaya penyelenggaraan pendidikan antara lain meliputi pendaftaran dan seleksi, SPP, ujian-ujian, pengembangan dan penguatan akademik, dan pengelolaan. Bantuan ini diserahkan kepada perguruan tinggi penyelenggara. Bantuan untuk kebutuhan mahasiswa meliputi antara lain biaya hidup, bantuan domisili, buku dan sumber belajar, serta bantuan penelitian.

Jenis program yang kedua berupa bantuan langsung kepada mahasiswa yang sedang menyelesaikan studi S-3 pada perguruan tinggi terakreditasi dalam negeri, tanpa terikat tempat studinya.

Pendaftaran6 – 31 Mei 2019
Perpanjangan Pendaftaran (opsi 2) *)1 Mei – 10 Juni 2019
Seleksi Administrasi13 – 14 Juni 2019
Pengumuman Lulus Seleksi Administrasi21 Juni 2019
Pelaksanaan Ujian PTKIN26 – 28 Juni 2019
Wawancara WIK PTU1 – 3 Juli 2019
Pengumuman Penerima BSDN 201910 Juli 2019

Informasi lebih lanjut ke
https://info.5000doktor.diktis.id/tentang-5000-doktor-dalam-negeri/