Transfer Eksternal (Pindah Program Studi dari Luar Universitas Airlangga)

Pedoman Pengajuan Pindah Program Studi dari Luar Universitas Airlangga

  1. UNAIR dapat mempertimbangkan penerimaan mahasiswa pindahan dari universitas/institute sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  2. Syarat penerimaan mahasiswa pindahan adalah :

a. Berasal dari program studi Perguruan Tinggi Negeri bukan lembaga pendidikan tinggi kedinasan, keguruan dan keagamaan.

b. Program studi dari Perguruan Tinggi Negeri sebagaimana dimaksud huruf a mempunyai akreditasi sama atau lebih tinggi.

c. Mahasiswa pindahan program D-IV/S1 harus telah mengikuti pendidikan di perguruan tinggi asal paling sedikit 4 (empat) semester secara terus – menerus serta telah mengumpulkan paling sedikit 48 (empat puluh delapan) SKS dengan IPK paling rendah 2,50 (dua koma lima nol).

d. Mahasiswa pindahan program D-III harus telah mengikuti pendidikan program D-III harus telah mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi asal paling sedikit 2 (dua) semester secara terus – menerus serta telah mengumpulkan paling sedikit 24 (dua puluh empat) sks dengan IPK paling rendah 2,50 (dua koma lima nol).

e. Mahasiswa pindahan program Magister harus telah mengikuti pendidikan di perguruan tinggi asal paling sedikit 2 (dua) semester secara terus – menerus serta telah mengumpulkan paling sedikit 18 (delapan belas) SKS dengan IPK paling rendah 3,00 (tiga koma nol nol).

f.  Mahasiswa pindahan program Doktor harus telah mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi asal paling sedikit 2 (dua) semester secara terus – menerus serta telah mengumpulkan paling sedikit 15 (lima belas) SKS dengan IPK paling rendah 3,00 (tiga koma nol nol).

g. Program studi yang ditempuh di Perguruan Tinggi asal harus sesuai dengan program studi di UNAIR.

h. Tidak pernah melakukan pelanggaran tata tertib/peraturan di Perguruan Tinggi asal dibuktikan dengan surat keterangan yang sah

i. Bersedia menaati peraturan di UNAIR.

3. Pengalihan kredit mahasiswa pindahan didasarkan atas pengakuan kredit (credentials) yang telah dimiliki mahasiswa oleh program studi yang dituju dan dilaksanakan dengan pedoman prosedur.

4. Waktu studi yang telah ditempuh pada perguruan tinggi/Fakultas asal disertakan dalam perhitungan batas waktu studi yang diperkenankan.