REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI PROGRAM SARJANA KELAS INTERNASIONAL GELOMBANG II TAHUN 2021

Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana (S-1) Universitas Airlangga yang diterima berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Program Sarjana Kelas Internasional Gelombang II Tahun 2021, selanjutnya disebut Calon Maba UNAIR, bahwa setiap Calon Mahasiswa Baru WAJIB mengikuti proses registrasi secara online yang diatur sebagai berikut :

I. JADWAL REGISTRASI

No.KegiatanTanggal
 1Pengisian Biodata dan Upload Berkas Online melalui laman https://regmaba.unair.ac.id/ kemudian pilih Mandiri/Undergraduate (International Class)25 – 29 Juli 2021 pukul 23.59 WIB
Pembayaran Biaya Pendidikan melalui teller/Internet Banking melalui bank mitra Universitas Airlangga di seluruh Indonesia dengan menyebutkan nomor peserta ujian undergraduate (tata cara pembayaran dapat dilihat pada laman http://bit.ly/pembayaranuktonline). Berikut adalah bank mitra Universitas Airlangga :
1. Bank Mandiri,
2. BNI,
3. BNI Syariah,
4. BRI, 
5. BTN,
6. Mandiri Syariah dan
7. Bank JATIM
Khusus mahasiswa program S1 Ekonomi Islam diwajibkan membayar lewat Bank Syariah yang tersedia
26 – 30 Juli 2021    
3 Verifikasi Berkas Registrasi Online Berkas yang sudah diverifikasi akan tampil nomor Induk Mahasiswa (NIM)) dan dapat dilihat pada laman https://regmaba.unair.ac.id/27 – 31 Juli 2021
Pengisian Kuesioner dan Cetak/Unduh KTM Sementara melalui laman https://cybercampus.unair.ac.id/Dilakukan setelah mendapatkan NIM/sudah diverifikasi dengan login Username dan password dengan memasukkan NIM
 5Khusus Warga Negara Indonesia Pengisian data online bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes  
Catatan : Penjelasan tentang pindah faskes dapat dilihat pada butir VI pada pengumuman ini (pindah faskes dilakukan pada saat kuliah offline)  
Mulai 1 – 5 Agustus 2021, pada laman https://bit.ly/Verif-BPJS-PLK-Maba2021   Sedangkan bukti daftar BPJS/KIS dan/atau pindah fasilitas kesehatan PLK diupload pada laman
 https://bit.ly/Upload_Bukti   Informasi lengkap dapat dilihat Informasi lengkap dapat dilihat pada laman http://plk.unair.ac.id/halaman-download/  atau instagram: @plk.unair
Pengambilan JaketJadwal menyusul dapat dilihat pada laman http://kemahasiswaan.unair.ac.id/
Cp Jaket : Bu Titi (082283009571)
Jadwal Tes kemampuan Bahasa Inggris (ELPT)Jadwal dapat dilihat pada laman http://pusatbahasa.unair.ac.id/
Cp ELPT : Pusat Bahasa (Hp. 08113538181)
Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2021Jadwal dapat dilihat pada laman https://kemahasiswaan.unair.ac.id/
Cp : Bu Titi (082283009571)

II. PRA REGISTRASI

  1. Calon Maba UNAIR wajib melakukan pengisian dengan lengkap dan benar Data Registrasi pada laman https://regmaba.unair.ac.id/ kemudian pilih Mandiri/Undergraduate (International Class).
  2. Calon Maba UNAIR WAJIB menyiapkan dokumen dan di scan serta disimpan dalam format PDF untuk file nomor 2 s/d 9 yang kemudian diunggah pada laman https://regmaba.unair.ac.id/, sebagai berikut :
No.BerkasKeterangan
Pas Foto Terbaru dengan kriteria sebagai berikut :
1. Berwarna dengan Latar Belakang Merah
2. Memakai pakaian putih berkerah
3. Bagi yang berjilbab, warna jilbab bebas
4. Tidak memakai kaca mata
5. Wajah dan badan pada pas photo melihat lurus kearah kamera
6. Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi
7. Pas photo merupakan close up dari kepala dan dada sehingga memenuhi 80% dari seluruh photo
Format .JPG maksimal 2 MB
(file asli bukan file scan)
Kartu Tanda Peserta Kelas Internasional Gelombang II Tahun 2021  Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
Surat Keterangan Lulus/IjazahFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
Bagi Warga Negara Indonesia (WNI)     
Akte Kelahiran Calon Mahasiswa Baru  
Bagi Warga Negara Asing (WNA) Pasport yang masih berlaku  
Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
 5Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) Kartu Keluarga (KK) Asli orang tua/wali Calon Mahasiswa Baru  
Bagi Warga Negara Asing (WNA) Pasport yang masih berlaku  
Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
Surat  Pernyataan yang sudah ditandatangani di atas materai Rp. 10.000 (untuk NAPZA tidak perlu dibuktikan dengan tes hanya mengisi surat pernyataan saja)1. Form surat penyataan diunduh di laman http://bit.ly/spregmabaua
2. Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
Surat Keterangan Ketunaan bagi program studi yang mensyaratkan ketunaan Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah Lainnya dengan biaya sendiriFormat PDF maksimal 2 MB
 8Surat Keterangan Sehat/Berbadan Sehat yang diterbitkan oleh Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan Pemerintah Lainnya dengan biaya sendiriFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
Kartu BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes, bagi WNI yang sudah mempunyaiFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

III. PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN (Education Fees)

Biaya pendidikan yang harus dibayar mahasiswa baru terdiri dari :

  1. Biaya Registrasi Mahasiswa Baru bagi yang diterima pada program Sarjana Kelas Internasional sebesar Rp. 1.055.000,- (satu juta lima puluh lima ribu rupiah)
  2. Uang Kuliah Semester (UKS/Tuition Fee) untuk Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022 (besaran UKS sesuai dengan pilihan program studi), dan
  3. Uang Kuliah Awal (UKA/Admission Fee) – dibayarkan satu kali  pada saat diterima sebagai mahasiswa baru, besaran UKA sesuai dengan pilihan  program studi.
  4. Penetapan besaran biaya pendidikan sesuai dengan SK Rektor, dapat dilihat pada laman http://bit.ly/educationfeeIUPUnair

Bank pembayaran awal menjadi dasar pembuatan KTM yang sekaligus menjadi ATM pada saat pembukaan rekening di bank cabang UNAIR.

Jika pembayaran dilakukan dari negara asal (luar Indonesia) maka dapat di transfer ke rekening

Nama Bank                 : BNI

Alamat Bank               : Jl. Airlangga No. 4 Surabaya

Nomor rekening          : 0046216257

Nama Rekening          : REKTOR UNAIR

Swift Code                 : BNINIDJA

bukti transfer dikirimkan ke nomor WhatsApp (WA) Helpdesk Keuangan Hp. +62 81380044548

IV. TES KETUNAAN DAN KESEHATAN SERTA TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS (ELPT)

  1. Bagi Semua Calon Maba UNAIR wajib melakukan tes kesehatan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat/berbadan sehat (berkas dapat menyusul).
  2. Bagi Calon Maba UNAIR yang diterima WAJIB  melakukan tes Ketunaan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan yang dibuktikan dengan surat keterangan ketunaan sesuai dengan syarat khusus pada masing-masing program studi di bawah ini.
  3. Berikut program studi yang memiliki persyaratan khusus :
No.Program StudiPersyaratan Khusus
 1KedokteranTidak buta warna total
 2Kedokteran GigiTidak Buta Warna Total
 3FarmasiTidak Buta Warna Total & Parsial
 4Kedokteran HewanTidak Buta Warna Total

4. Surat keterangan ketunaan menjadi syarat penerimaan masing masing prodi, dan jika tidak memenuhi syarat, maka akan dipindahkan ke prodi lain sesuai dengan ketentuan berlaku

5. Calon Maba Unair harus melakukan tes kemampuan bahasa Inggris (ELPT) di Pusat Bahasa (PUSBA) UNAIR sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh PUSBA pada laman http://pusatbahasa.unair.ac.id/

V. PEMBUKAAN REKENING DAN PENGAMBILAN KTM

  1. Untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang sekaligus menjadi ATM, Calon MABA Unair WAJIB melakukan pembukaan rekening di Bank Cabang UNAIR sesuai dengan bank pembayaran awal.
  2. Pengambilan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi sebagai ATM dilakukan di bank masing-masing pada Cabang Universitas Airlangga yang akan diumumkan kemudian di fakultas masing-masing.

VI. VERIFIKASI BPJS KESEHATAN/KIS/ASKES

A. Warga Negara Asing (WNA)

Bagi mahasiswa WNA wajib mempunyai asuransi pada saat sudah tinggal di Indonesia (kuliah tatap muka) atau informasi lebih lanjut dapat menghubungi AGE (Airlangga Global Engagement) dengan email : welfare@global.unair.ac.id.

B. Warga Negara Indonesia (WNI)

Setiap Calon MABA WNI Unair bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes WAJIB  mengisi google form dengan BENAR secara online dilaman https://bit.ly/Verif-BPJS-PLK-Maba2021.

  1. Bagi calon Maba yang BELUM MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
    • Bertempat tinggal di luar Kota Surabaya DIHARAPKAN segera mendaftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan yang dekat tempat tinggal. Apabila perkuliahan telah dilaksanakan secara offline, dan mahasiswa kemudian berdomisili di Surabaya, maka mahasiswa wajib segera memindah kepesertaan BPJS nya ke Klinik PLK-UA Kampus B atau klinik PLK-UA Kampus C. Mekanisme pemindahan kepesertaan bisa dilakukan sendiri melalui JKN Mobile.
    • Bertempat tinggal di Kota Surabaya (sekitar Kampus) maka DIHARAPKAN segera mendaftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR atau Klinik PLK-UA Kampus C Unair
  2. Bagi calon Maba yang TELAH MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
    • Bertempat tinggal di Kota Surabaya (sekitar Kampus), DIHARAPKAN pindah kepesertaan dan memilih fasilitas kesehatan di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR  atau Klinik PLK-UA Kampus C Unair.
    • Bertempat tinggal di luar kota Surabaya, untuk proses pindah faskes dilakukan apabila perkuliahan sudah dilakukan secara offline.

Calon Mahasiswa Unair yang telah melakukan pendaftaran BPJS/KIS dan pindah faskes ke Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR atau Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR WAJIB mengirim bukti foto ke link: https://bit.ly/Upload_Bukti.

Informasi lengkap tentang  proses registrasi mahasiswa baru dapat  diakses melalui internet di laman Unair, https://www.unair.ac.id, dan laman Direktorat Pendidikan Unair, https://pendidikan.unair.ac.id. Apabila ada pertanyaan atau kendala dalam pengisian regmaba dapat menghubungi Pusat Bantuan yang bisa di akses  pada link https://t.me/ULTUnairBot (Platform Telegram).

Ketentuan tersebut di atas mengikat bagi setiap Calon Mahasiswa Baru UNAIR Tahun Akademik 2021/2022, apabila Calon Mahasiswa Baru  tidak dapat memenuhi, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa baru UNAIR.

23 Juli 2021

a.n. Rektor                                                     

Wakil Rektor AMA,

ttd

Prof. Dr. Bambang Sektiari Lukiswanto, drh., DEA             

NIP. 196208111989031009  

Download Pengumuman Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR) YANG DITERIMA MELALUI SELEKSI PROGRAM DIPLOMA (D3 & D4) GELOMBANG I TAHUN AKADEMIK 2019/2020PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR) YANG DITERIMA MELALUI SELEKSI PROGRAM DIPLOMA (D3 & D4) GELOMBANG I TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga yang diterima melalui Seleksi Program Diploma  (D3 dan D4) Gelombang I Tahun Akademik 2019/2020, bahwa setiap Calon Mahasiswa Baru wajib mengikuti

REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI PROGRAM SARJANA JALUR MANDIRI KEMITRAAN GELOMBANG II TAHUN 2021REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI PROGRAM SARJANA JALUR MANDIRI KEMITRAAN GELOMBANG II TAHUN 2021

Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana (S-1) Universitas Airlangga yang diterima berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Program Sarjana Jalur Mandiri Kemitraan Gelombang II Tahun 2021, selanjutnya disebut Calon