REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI SELEKSI JALUR ALIH JENIS GELOMBANG II TAHUN 2021

Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga yang diterima berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Alih Jenis Gelombang II Tahun 2021, bahwa setiap Calon Mahasiswa Baru wajib mengikuti proses registrasi secara online yang diatur sebagai berikut :

I. JADWAL REGISTRASI

NoKegiatanTanggal
 1Pengisian Biodata dan Upload Berkas Online melalui laman https://regmaba.unair.ac.id/ kemudian pilih menu S1 Alih Jenis/Transfer Program (Undergraduate)25 – 31 Juli 2021 pukul 23.59 WIB
Pembayaran Biaya Pendidikan melalui ATM/teller/Internet Banking melalui bank mitra Universitas Airlangga di seluruh Indonesia dengan menyebutkan nomor peserta ujian (tata cara pembayaran dapat dilihat pada laman http://bit.ly/pembayaranuktonline). Berikut adalah bank mitra Universitas Airlangga :
1. Bank Mandiri,
2. BNI,
3. Bank Syariah Indonesia ex. BNI Syariah,
4. BRI, 
5. BTN,
6. Bank Syariah Indonesia ex. Mandiri Syariah
7. Bank JATIM
1 – 6 Agustus 2021    
Verifikasi Berkas Registrasi Online Berkas yang sudah diverifikasi akan tampil Nomor Induk Mahasiswa (NIM)) dan dapat dilihat pada laman https://regmaba.unair.ac.id/3 – 7 Agustus 2021
(Apabila ada berkas yang perlu diperbaiki maka akan ada notifikasi pada https://regmaba.unair.ac.id/ dan SMS)
Pengisian Kuesioner dan Cetak KTM Sementara melalui laman https://cybercampus.unair.ac.id/Dilakukan setelah mendapatkan NIM/sudah diverifikasi dengan login Username dan password dengan memasukkan NIM
Pengisian data online bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes.   Catatan : Penjelasan tentang pindah faskes dapat dilihat pada butir VI pada pengumuman ini (pindah faskes dilakukan pada saat kuliah offline)    1. 8 – 12 Agustus 2021, pada laman https://bit.ly/Verif-BPJS-PLK-Maba2021  
2. Bukti daftar BPJS/KIS dan/atau pindah fasilitas kesehatan PLK diupload pada laman  https://bit.ly/Upload_Bukti  
3. Informasi lengkap dapat dilihat Informasi lengkap dapat dilihat pada laman http://plk.unair.ac.id/halaman-download/  atau instagram: @plk.unair   
Pengambilan JaketJadwal menyusul dapat dilihat pada laman https://kemahasiswaan.unair.ac.id/
Cp Jaket Chat Whatsapp :
1. WA. 082231064107
2. WA. 081259166445
 7Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022Jadwal dapat dilihat pada laman https://kemahasiswaan.unair.ac.id/
Jadwal Tes kemampuan Bahasa Inggris (ELPT)Jadwal dapat dilihat pada laman https://pusatbahasa.unair.ac.id/
Cp ELPT : Pusat Bahasa (Hp. 08113538181)

II. PRA REGISTRASI

  1. Calon Maba UNAIR wajib melakukan pengisian dengan lengkap dan benar Data Registrasi pada laman https://regmaba.unair.ac.id/ serta mempersiapkan dokumen sebagai berikut
  2. Calon Maba UNAIR wajib menyiapkan dokumen dan dipindai (scan) serta disimpan dalam format PDF dengan maksimal ukuran masing-masing dokumen 2 MB untuk file nomor 2 s/d 8 yang kemudian diunggah pada laman https://regmaba.unair.ac.id/, sebagai berikut :
No.BerkasKeterangan
 1Pas Foto Terbaru dengan kriteria sebagai berikut :
1. Berwarna dengan Latar Belakang Merah
2. Memakai pakaian putih berkerah dan bukan seragam
3. Bagi yang berjilbab, warna jilbab bebas
4. Tidak memakai kaca mata
5. Wajah dan badan pada pas photo melihat lurus kearah kamera
6. Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi
7. Pas foto merupakan close up dari kepala dan dada sehingga memenuhi 80% dari seluruh foto
Format : jpg
Ukuran : maks. 2 MB  
Kartu Tanda Peserta Jalur Alih Jenis Gelombang II Tahun 2021Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
Ijazah/Surat Keterangan Lulus Diploma 3 (D3)Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
Transkrip NilaiFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
Surat  Pernyataan yang sudah ditandatangani di atas materai Rp. 10.000 (untuk NAPZA tidak perlu dibuktikan dengan tes hanya mengisi surat pernyataan saja)1. Form surat penyataan diunduh di laman http://bit.ly/spregmabaua
2. Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
Surat Keterangan Ketunaan bagi program studi yang mensyaratkan ketunaan. Pemeriksaan dapat dilakukan  Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan dengan biaya sendiri (syarat ketunaan lihat pada butir IV)Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)  
 7Surat Keterangan Sehat/Berbadan Sehat yang diterbitkan oleh Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan dengan biaya sendiriFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
Kartu BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS), bagi yang sudah mempunyai.Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

III. PEMBAYARAN BIAYA REGISTRASI DAN BIAYA PENDIDIKAN

Biaya yang harus dibayar mahasiswa baru terdiri dari :

  1. Biaya Registrasi Ulang Mahasiswa Baru sebesar Rp. 1.085.000,- (Satu juta delapan puluh lima ribu rupiah)
  2. Sumbangan Operasional Pendidikan (SOP) satu semester – untuk Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022, besaran SOP sesuai dengan pilihan program studi.
  3. Sumbangan Pembinaan dan Peningkatan Pendidikan (SP3) – dibayarkan satu kali pada saat diterima sebagai mahasiswa baru, besaran SP3 sesuai dengan pilihan program studi.
  4. Biaya Matrikulasi – dibayarkan satu kali pada saat diterima sebagai mahasiswa baru, besaran Matrikulasi sesuai dengan pilihan program studi.
  5. Penetapan besaran Sumbangan Operasional Pendidikan (SOP), Sumbangan Pembinaan dan Peningkatan Pendidikan (SP3) dan matrikulasi dapat dilihat pada laman https: http://bit.ly/biayastudiAJunair.

IV. TES KETUNAAN DAN KESEHATAN SERTA TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS (ELPT)

  1. Bagi Semua Calon Maba UNAIR wajib melakukan tes kesehatan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat/berbadan sehat (berkas dapat menyusul).
  2. Bagi Calon Maba UNAIR yang diterima pada program studi dibawah ini WAJIB  melakukan tes Ketunaan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan yang dibuktikan dengan surat keterangan ketunaan adalah sebagai berikut :
No.Program StudiPersyaratan Khusus
 1Kebidanana. Berjenis kelamin perempuan
b. Tidak buta warna total
 2KeperawatanTidak buta warna total

3. Calon Maba Unair harus melakukan tes kemampuan bahasa Inggris (ELPT) di Pusat Bahasa (PUSBA) UNAIR sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh PUSBA pada laman http://pusatbahasa.unair.ac.id/.

V. PEMBUKAAN REKENING DAN PENGAMBILAN KTM

  1. Untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang sekaligus menjadi ATM, Calon MABA Unair WAJIB melakukan pembukaan rekening di Bank Cabang UNAIR sesuai dengan bank pembayaran awal.
  2. Pengambilan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi sebagai ATM dilakukan di bank masing- masing pada Cabang Universitas Airlangga yang akan diumumkan kemudian.
  3. Jadwal Pembukaan rekening dan pengambilan KTM ber ATM akan diumumkan kemudian di fakultas masing-masing.

VI. VERIFIKASI BPJS KESEHATAN/KIS/ASKES

Setiap Calon MABA Unair bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes WAJIB  mengisi google form dengan BENAR secara online dilaman https://bit.ly/Verif-BPJS-PLK-Maba2021

  1. Bagi calon Maba yang BELUM MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
    • Bertempat tinggal di luar Kota Surabaya DIHARAPKAN segera mendaftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan yang dekat tempat tinggal. Apabila perkuliahan telah dilaksanakan secara offline, dan mahasiswa kemudian berdomisili di Surabaya, maka mahasiswa wajib segera memindah kepesertaan BPJS nya ke Klinik PLK-UA Kampus B atau klinik PLK-UA Kampus C. Mekanisme pemindahan kepesertaan bisa dilakukan sendiri melalui JKN Mobile.
    • Bertempat tinggal di Kota Surabaya (sekitar Kampus) maka DIHARAPKAN segera mendaftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR atau Klinik PLK-UA Kampus C Unair.
  2. Bagi calon Maba yang TELAH MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
    • Bertempat tinggal di Kota Surabaya (sekitar Kampus), DIHARAPKAN pindah kepesertaan dan memilih fasilitas kesehatan di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR  atau Klinik PLK-UA Kampus C Unair.
    • Bertempat tinggal di luar kota Surabaya, untuk proses pindah faskes dilakukan apabila perkuliahan sudah dilakukan secara offline.

Calon Mahasiswa Unair yang telah melakukan pendaftaran BPJS/KIS dan pindah faskes ke Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR atau Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR WAJIB mengirim bukti foto ke link: https://bit.ly/Upload_Bukti

Informasi lengkap tentang  proses registrasi mahasiswa baru dapat  diakses melalui internet di laman Unair, https://www.unair.ac.id, dan laman Direktorat Pendidikan Unair, https://pendidikan.unair.ac.id. Apabila ada pertanyaan atau kendala dalam pengisian regmaba dapat menghubungi Pusat Bantuan yang bisa di akses  pada link https://t.me/ULTUnairBot  (Platform Telegram).

Ketentuan tersebut di atas mengikat bagi setiap Calon Mahasiswa Baru UNAIR Tahun Akademik 2021/2022, apabila Calon Mahasiswa Baru  tidak dapat memenuhi, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa baru UNAIR.

23 Juli 2021

a.n. Rektor                                                      

Wakil Rektor AMA,

ttd

Prof. Dr. Bambang Sektiari Lukiswanto, drh., DEA

NIP. 196208111989031009

Download Pengumuman Lengkap

Related Post

PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER GIGI SPESIALIS SEMESTER GASAL GELOMBANG II TAHUN AKADEMIK 2019/2020PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER GIGI SPESIALIS SEMESTER GASAL GELOMBANG II TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Dengan ini diumumkan kepada calon mahasiswa baru Universitas Airlangga yang diterima melalui seleksi Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Semester Gasal Gelombang II Tahun Akademik 2019/2020, Wajib mengikuti proses pendaftaran ulang