REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI SELEKSI PROGRAM DIPLOMA (D3 DAN D4) GELOMBANG II TAHUN 2021

Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga yang diterima berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Program Diploma (D3 dan D4) Gelombang II Tahun 2021, bahwa setiap Calon Mahasiswa Baru wajib mengikuti proses registrasi secara online yang diatur sebagai berikut :

I. JADWAL REGISTRASI

NoKegiatanTanggal
Pengisian Biodata dan Upload Berkas Online melalui laman https://regmaba.unair.ac.id/ kemudian pilih menu Diploma25 – 31 Juli 2021
 2Verifikasi Berkas Keuangan online26 Juli – 1 Agustus 2021
Informasi Besaran UKS dan UKA (INVOICE)2 Agustus 2021 pukul 07.00 WIB
Pembayaran Biaya Pendidikan melalui ATM/teller/Internet Banking melalui bank mitra Universitas Airlangga di seluruh Indonesia dengan menyebutkan nomor peserta ujian (tata cara pembayaran dapat dilihat pada laman http://bit.ly/pembayaranuktonline). Berikut adalah bank mitra Universitas Airlangga :
1. Bank Mandiri,
2. BNI,
3. Bank Syariah Indonesia ex. BNI Syariah,
4. BRI,
5. BTN,
6. Bank Syariah Indonesia ex. Mandiri Syariah
7. Bank JATIM
2 – 6 Agustus 2021    
Bagi mahasiswa penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tahun 2021 yang diterima di PROGRAM DIPLOMA UNAIR GELOMBANG II TAHUN 2021 tidak perlu melakukan pembayaran hanya menunggu verifikasi berkas online
 5Verifikasi Berkas Registrasi Online Berkas yang sudah diverifikasi akan tampil Nomor Induk Mahasiswa (NIM)) dan dapat dilihat pada laman https://regmaba.unair.ac.id/3 – 7 Agustus 2021
(Apabila ada berkas yang perlu diperbaiki maka akan ada notifikasi pada https://regmaba.unair.ac.id/ dan SMS)
Pengisian Kuesioner dan Cetak KTM Sementara melalui laman https://cybercampus.unair.ac.id/Dilakukan setelah mendapatkan NIM/sudah diverifikasi dengan login Username dan password dengan memasukkan NIM
 7Pengisian data online bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes.   Catatan : Penjelasan tentang pindah faskes dapat dilihat pada butir VI pada pengumuman ini (pindah faskes dilakukan pada saat kuliah offline) 1. 8 – 12 Agustus 2021, pada laman https://bit.ly/Verif-BPJS-PLK-Maba2021  
2. Bukti daftar BPJS/KIS dan/atau pindah fasilitas kesehatan PLK diupload pada laman  https://bit.ly/Upload_Bukti   
3. Informasi lengkap dapat dilihat Informasi lengkap dapat dilihat pada laman http://plk.unair.ac.id/halaman-download/  atau instagram: @plk.unair   
Pengambilan JaketJadwal menyusul dapat dilihat pada laman https://kemahasiswaan.unair.ac.id/
Cp Jaket Chat Whatsapp :
1. WA. 082231064107
2. WA. 081259166445
Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022Jadwal dapat dilihat pada laman https://kemahasiswaan.unair.ac.id/
10 Jadwal Tes kemampuan Bahasa Inggris (ELPT)Jadwal dapat dilihat pada laman https://pusatbahasa.unair.ac.id/
Cp ELPT : Pusat Bahasa (Hp. 08113538181)

II. PRA REGISTRASI

  1. Calon Maba UNAIR wajib melakukan pengisian dengan lengkap dan benar Data Registrasi pada laman https://regmaba.unair.ac.id/ serta mempersiapkan dokumen sebagai berikut
  2. Calon Maba UNAIR wajib menyiapkan dokumen dan dipindai (scan) serta disimpan dalam format PDF dengan maksimal ukuran masing-masing dokumen 2 MB untuk file nomor 2 s/d 17 yang kemudian diunggah pada laman https://regmaba.unair.ac.id/, sebagai berikut :
No.BerkasKeterangan
 1Pas Foto Terbaru dengan kriteria sebagai berikut :
Berwarna dengan Latar Belakang Merah
Memakai pakaian putih berkerah dan bukan seragam sekolah
Bagi yang berjilbab, warna jilbab bebas
– Tidak memakai kaca mata
– Wajah dan badan pada pas photo melihat lurus kearah kamera
– Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi
– Pas foto merupakan close up dari kepala dan dada sehingga memenuhi 80% dari seluruh foto
Format : jpg
Ukuran : maks. 2 MB  
 2Kartu Tanda Peserta Diploma Gelombang IIFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
 3Surat Keterangan Lulus/IjazahFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
Akte Kelahiran Calon Mahasiswa BaruFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
Kartu Keluarga (KK) Asli orang tua/wali calon mahasiswa baruFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
Surat  Pernyataan yang sudah ditandatangani di atas materai Rp. 10.000 (untuk NAPZA tidak perlu dibuktikan dengan tes hanya mengisi surat pernyataan saja)1. Form surat penyataan diunduh di laman http://bit.ly/spregmabaua
2. Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB
(per dokumen)
Surat Keterangan Ketunaan bagi program studi yang mensyaratkan ketunaan. Pemeriksaan dapat dilakukan  Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan dengan biaya sendiri (syarat ketunaan lihat pada butir III)Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)  
Surat Keterangan Sehat/Berbadan Sehat yang diterbitkan oleh Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan dengan biaya sendiriFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
Kartu BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes bagi yang sudah memilikiFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
10 Kartu Indonesia Pintar (KIP)Wajib Upload Bagi yang memiliki
Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
11 Keterangan penghasilan bruto, pekerjaan dan jabatan orang tua/wali dari instansi atau tempat bekerjanya atau Surat Keterangan dari RT/RW yang berisi keterangan Pekerjaan Orang tua/wali (bagi calon mahasiswa baru yang orang tua/walinya bekerja pada sektor informal atau tidak bekerja)Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
12 Akta Pendirian dan SIUP bagi orang tua/wali calon mahasiswa baru yang berprofesi pengusaha/wiraswastaFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
13 SPPT PBB  rumah orang tua/wali calon mahasiswa baru pada tahun terakhir atau Surat Keterangan RT/RW jika rumah kontrak/kosFormat : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
14 pembayaran rekening listrik 2 (dua) bulan terakhir rumah orang tua/waliFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
15 STNK dan bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor yang dimiliki orang tua/waliFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
16 Surat Keterangan dari RT/RW yang berisi keterangan:   
1. Jumah kepemilikan rumah orang tua/wali
2. Jumlah kepemilikan  kendaraan roda 2(dua) dan roda 4 (empat) orang tua/wali
1. Format  : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
2. Surat Keterangan dari RT/RW dapat menyusul atau menggunakan surat pernyataan orang tua/ wali bermaterai 10.000
17 Foto rumah tampak depan orang tua/wali calon mahasiswa baru yang kelihatan identitas nomor/bloknyaFormat : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

3. Penentuan tarif UKS (Uang Kuliah Semester) didasarkan atas entry data calon mahasiswa.

4. Calon Maba UNAIR akan mendapatkan informasi  perihal besaran tarif UKS dan UKA (invoice) tanggal 2 Agustus pukul 07.00 WIB  melalui website https://regmaba.unair.ac.id

III. TES KETUNAAN DAN KESEHATAN SERTA TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS (ELPT)

  1. Bagi Semua Calon Maba UNAIR wajib melakukan tes kesehatan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat/berbadan sehat (berkas dapat menyusul)
  2. Bagi Calon Maba UNAIR yang diterima pada program studi dibawah ini WAJIB  melakukan tes Ketunaan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan yang dibuktikan dengan surat keterangan ketunaan adalah sebagai berikut
No.Program StudiPersyaratan Khusus
 1D3 Teknologi Laboratorium MedisTidak Buta Warna Total dan Parsial
 2D3 Pengobat TradisionalTidak Buta Warna Total dan Parsial
 3D3 Paramedik VeterinerTidak Buta Warna Total dan Parsial
D3 Keselamatan dan Kesehatan KerjaTidak Buta Warna Total
 5D4 Pengobat TradisionalTidak Buta Warna Total dan Parsial
D4 FisioterapiTidak memiliki cacat fisik
 7D4 Teknologi Radiologi PencitraanTidak Buta Warna Total dan Parsial

3. Calon Maba Unair harus melakukan tes kemampuan bahasa Inggris (ELPT) di Pusat Bahasa (PUSBA) UNAIR sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh PUSBA pada laman http://pusatbahasa.unair.ac.id/.

IV. PEMBUKAAN REKENING DAN PENGAMBILAN KTM

  1. Untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang sekaligus menjadi ATM, Calon MABA Unair WAJIB melakukan pembukaan rekening di Bank Cabang UNAIR sesuai dengan bank pembayaran awal.
  2. Pengambilan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi sebagai ATM dilakukan di bank masing- masing pada Cabang Universitas Airlangga yang akan diumumkan kemudian.
  3. Jadwal Pembukaan rekening dan pengambilan KTM ber ATM akan diumumkan kemudian di fakultas masing-masing.

V. VERIFIKASI BPJS KESEHATAN/KIS/ASKES

Setiap Calon MABA Unair bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes WAJIB  mengisi google form dengan BENAR secara online dilaman https://bit.ly/Verif-BPJS-PLK-Maba2021

  1. Bagi calon Maba yang BELUM MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
    • Bertempat tinggal di luar Kota Surabaya DIHARAPKAN segera mendaftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan yang dekat tempat tinggal. Apabila perkuliahan telah dilaksanakan secara offline, dan mahasiswa kemudian berdomisili di Surabaya, maka mahasiswa wajib segera memindah kepesertaan BPJS nya ke Klinik PLK-UA Kampus B atau Klinik PLK-UA Kampus C. Mekanisme pemindahan kepesertaan bisa dilakukan sendiri melalui JKN Mobile.
    • Bertempat tinggal di Kota Surabaya (sekitar Kampus) maka DIHARAPKAN segera mendaftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR atau Klinik PLK-UA Kampus C Unair.
  2. Bagi calon Maba yang TELAH MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
    • Bertempat tinggal di Kota Surabaya (sekitar Kampus), DIHARAPKAN pindah kepesertaan dan memilih fasilitas kesehatan di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR  atau Klinik PLK-UA Kampus C Unair.
    • Bertempat tinggal di luar kota Surabaya, untuk proses pindah faskes dilakukan apabila perkuliahan sudah dilakukan secara offline.

Calon Mahasiswa Unair yang telah melakukan pendaftaran BPJS/KIS dan pindah faskes ke Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR atau Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR WAJIB mengirim bukti foto ke link: https://bit.ly/Upload_Bukti

VI. CALON MAHASISWA PENERIMA BANTUAN KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) KULIAH TAHUN 2021

  1. Bagi calon mahasiswa baru penerima Bantuan KIP Kuliah Tahun 2021 melalui Jalur Mandiri diwajibkan mengisi berkas persyaratan KIP Kuliah, berkas persyaratan dapat di unduh pada laman website https://www.kemahasiswaan.unair.ac.id.
  2. Berkas persyaratan KIP Kuliah, yang telah di lengkapi dapat dikirim melalui Email kemahasiswaan@ditkm.unair.ac.id mulai tanggal 7 – 14 Agustus 2021.
  3. Untuk verifikasi tatap muka dan penjelasan penerimaan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah Tahun 2021 jadwal menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir (Jadwal akan diumumkan di laman website https://www.kemahasiswaan.unair.ac.id).

Informasi lengkap tentang  proses registrasi mahasiswa baru dapat  diakses melalui internet di laman Unair, https://www.unair.ac.id, dan laman Direktorat Pendidikan Unair, https://pendidikan.unair.ac.id. Apabila ada pertanyaan atau kendala dalam pengisian regmaba dapat menghubungi Pusat Bantuan yang bisa di akses  pada link https://t.me/ULTUnairBot (Platform Telegram).

Ketentuan tersebut di atas mengikat bagi setiap Calon Mahasiswa Baru UNAIR Tahun Akademik 2021/2022, apabila Calon Mahasiswa Baru  tidak dapat memenuhi, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa baru UNAIR.

23 Juli 2021

a.n. Rektor                                                      

Wakil Rektor AMA,

ttd

Prof. Dr. Bambang Sektiari Lukiswanto, drh., DEA

NIP. 196208111989031009

Download Pengumuman Lengkap

Related Post

PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR) YANG DITERIMA MELALUI SELEKSI PROGRAM DIPLOMA (D3 & D4) GELOMBANG I TAHUN AKADEMIK 2019/2020PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR) YANG DITERIMA MELALUI SELEKSI PROGRAM DIPLOMA (D3 & D4) GELOMBANG I TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga yang diterima melalui Seleksi Program Diploma  (D3 dan D4) Gelombang I Tahun Akademik 2019/2020, bahwa setiap Calon Mahasiswa Baru wajib mengikuti

REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI PROGRAM SARJANA JALUR MANDIRI PEMENUHAN PAGU TAHUN 2020REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI PROGRAM SARJANA JALUR MANDIRI PEMENUHAN PAGU TAHUN 2020

Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana (S-1) Universitas Airlangga yang diterima berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Program Sarjana Jalur Mandiri Pemenuhan Pagu Tahun 2020, selanjutnya disebut Calon Maba

REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI PROGRAM SARJANA KELAS INTERNASIONAL GELOMBANG I TAHUN 2020REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI PROGRAM SARJANA KELAS INTERNASIONAL GELOMBANG I TAHUN 2020

Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana (S-1) Universitas Airlangga yang diterima berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Program Sarjana Kelas Internasional Gelombang I Tahun 2020, selanjutnya disebut Calon Maba