Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana (S-1) Universitas Airlangga yang diterima berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Program Sarjana Kelas Internasional Gelombang I Tahun 2022, selanjutnya disebut Calon Maba UNAIR, WAJIB mengikuti proses registrasi secara online yang diatur sebagai berikut :
I. JADWAL REGISTRASI
No. |
Kegiatan |
Keterangan |
1. |
Pengisian Biodata dan Unggah Berkas Online melalui laman https://regmaba.unair.ac.id/ pilih menu Mandiri/Undergraduate (International Program)
|
9 – 14 Maret 2022 |
2. |
Pembayaran Biaya Pendidikan melalui teller/Internet Banking melalui bank mitra Universitas Airlangga di seluruh Indonesia dengan menyebutkan nomor peserta ujian undergraduate (tata cara pembayaran dapat dilihat pada laman ). Berikut adalah bank mitra Universitas Airlangga : 1. Bank Mandiri, 2. BNI, 3. BRI, 4. BTN, 5. BSI, dan 6. Bank JATIM Khusus mahasiswa program S1 Ekonomi Islam diwajibkan membayar lewat Bank Syariah yang tersedia
|
15 – 18 Maret 2022 |
3. |
Verifikasi Berkas Registrasi Online Berkas yang sudah diverifikasi akan tampil nomor Induk Mahasiswa (NIM)) dan dapat dilihat pada laman https://regmaba.unair.ac.id/
|
16 – 21 Maret 2022 |
4. |
Pengisian Kuesioner dan Pencetakan Kartu Tanda Mahasiswa Sementara (KTMS) |
1. Dilakukan setelah login pada laman https://cybercampus.unair.ac.id/ 2. Mengisi Kuesioner Regmaba; 3. Telah mengunggah bukti sertifikat vaksin COVID-19 dosis ke-1 serta telah diverifikasi oleh petugas akademik fakultas
|
5. |
Warga Negara Indonesia (WNI) Pengisian data online bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes
Catatan :
Warga Negara Asing (WNA) Bagi mahasiswa WNA wajib mempunyai asuransi pada saat sudah tinggal di Indonesia (kuliah tatap muka) atau informasi lebih lanjut dapat menghubungi AGE (Airlangga Global Engagement) dengan email : welfare@global.unair.ac.id. |
1. Pelaksanaan : 22 – 26 Maret 2022 melalui laman :
2. Bukti daftar BPJS/KIS dan/atau pindah fasilitas kesehatan PLK diupload pada laman Informasi lengkap dapat dilihat Informasi lengkap dapat dilihat pada laman : instagram : @plk.unair |
6. |
Pengambilan Jaket (dengan membawa bukti cetak ukur jaket dan Mutz yang dapat di unduh pada laman https://regmaba.unair.ac.id/ dan telah melakukan upload bukti telah vaksin COVID-19 di https://cybercampus.unair.ac.id)
|
Jadwal menyusul dapat dilihat pada laman http://kemahasiswaan.unair.ac.id/ Cp Jaket : Bu Titi (082283009571) |
7. |
Jadwal Tes kemampuan Bahasa Inggris (ELPT) |
Jadwal dapat dilihat pada laman http://pusatbahasa.unair.ac.id/ Cp ELPT : Pusat Bahasa (Hp. 08113538181)
|
8. |
Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023 |
Jadwal dapat dilihat pada laman https://kemahasiswaan.unair.ac.id/ Cp : Bu Titi (082283009571)
|
II. PRA REGISTRASI
- Calon Maba UNAIR wajib melakukan pengisian dengan lengkap dan benar Data Registrasi pada laman https://regmaba.unair.ac.id/ kemudian pilih Mandiri/Undergraduate (International Program).
- Calon mahasiswa Baru Universitas Airlangga wajib menyiapkan dokumen dan di scan/pindai serta disimpan sesuai format sebagai berikut :
No. | Berkas | Keterangan |
1. | Pas Foto Terbaru dengan kriteria sebagai berikut :
| Format : JPG
Ukuran : maks. 2 MB (file asli bukan file scan) |
2. | Kartu Tanda Peserta Kelas Internasional Gelombang I Tahun 2022 | Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
3. |
Surat Keterangan Kelas XII yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah
Surat Keterangan Lulus/Ijazah | Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
4. |
Akte Kelahiran Calon Mahasiswa Baru
Paspor yang masih berlaku
| Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
5. | – Bagi Warga Negara Indonesia (WNI)
Kartu Keluarga (KK) Asli orang tua/wali Calon Mahasiswa Baru – Bagi Warga Negara Asing (WNA) Paspor yang masih berlaku | Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
6. | Surat Pernyataan mematuhi peraturan dan NAPZA yang sudah ditandatangani di atas materai Rp. 10.000
(untuk NAPZA tidak perlu dibuktikan dengan tes hanya mengisi surat pernyataan saja) Unduh form pada link | Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
7. | Surat Pernyataan Her-registrasi yang sudah ditandatangani di atas materai Rp. 10.000.
Unduh form pada link | Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
8. | Surat Keterangan Ketunaan bagi program studi yang mensyaratkan ketunaan Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan dengan biaya sendiri | Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
9. | Surat Keterangan Sehat/Berbadan Sehat yang diterbitkan oleh Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan dengan biaya sendiri | Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
10. | Kartu BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes, bagi WNI yang sudah mempunyai | Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen) |
III. PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN (Education Fees)
Biaya pendidikan yang harus dibayar mahasiswa baru terdiri dari :
- Biaya Registrasi Mahasiswa Baru bagi yang diterima pada program Sarjana Kelas Internasional sebesar 1.055.000,- (satu juta lima puluh lima ribu rupiah)
- Uang Kuliah Semester (UKS/Tuition Fee) untuk Semester Gasal Tahun Akademik 2022/2023 (besaran UKS sesuai dengan pilihan program studi), dan
- Uang Kuliah Awal (UKA/Admission Fee) – dibayarkan satu kali pada saat diterima sebagai mahasiswa baru, besaran UKA sesuai dengan pilihan program studi.
- Penetapan besaran biaya pendidikan sesuai dengan SK Rektor, dapat dilihat pada laman
Bank pembayaran awal menjadi dasar pembuatan KTM yang sekaligus menjadi ATM pada saat pembukaan rekening di bank cabang UNAIR.
Jika pembayaran dilakukan dari negara asal (luar Indonesia) maka dapat di transfer ke rekening
Nama Bank : BNI
Alamat Bank : Jl. Airlangga No. 4 Surabaya
Nomor rekening : 0046215414
Nama Rekening : REKTOR UNAIR
Swift Code           : BNINIDJASBY
bukti transfer dikirimkan ke nomor WhatsApp (WA) Helpdesk Keuangan Hp. +62813-8004-4548
IV. TES KESEHATAN DAN KETUNAAN SERTA TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS (ELPT)
- Bagi Semua Calon Maba UNAIR WAJIB melakukan tes kesehatan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat/berbadan sehat (berkas dapat menyusul).
- Bagi Calon Maba UNAIR yang diterima WAJIB melakukan tes Ketunaan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan yang dibuktikan dengan surat keterangan ketunaan sesuai dengan syarat khusus pada masing-masing program studi di bawah ini.
- Berikut program studi yang memiliki persyaratan khusus :
No. | Program Studi | Persyaratan Khusus |
1. | Kedokteran | Tidak buta warna total dan Parsial |
2. | Kedokteran Gigi | Tidak Buta Warna Total |
3. | Farmasi | Tidak Buta Warna Total dan Parsial |
4. | Kedokteran Hewan | Tidak Buta Warna Total |
- Calon Maba Unair harus melakukan tes kemampuan bahasa Inggris (ELPT) di Pusat Bahasa (PUSBA) UNAIR sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh PUSBA pada laman http://pusatbahasa.unair.ac.id/
V. PEMBUKAAN REKENING DAN PENGAMBILAN KTM
- Untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang sekaligus menjadi ATM, Calon MABA Unair WAJIB melakukan pembukaan rekening di Bank Cabang UNAIR sesuai dengan bank pembayaran awal.
- Pengambilan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi sebagai ATM dilakukan di bank masing-masing pada Cabang Universitas Airlangga yang akan diumumkan kemudian di fakultas masing-masing oleh Direktorat Pendidikan.
Informasi lengkap tentang proses registrasi mahasiswa baru dapat diakses melalui internet di laman Unair, https://www.unair.ac.id, dan laman Direktorat Pendidikan Unair, https://pendidikan.unair.ac.id. Apabila ada pertanyaan atau kendala dalam pengisian regmaba dapat menghubungi Pusat Bantuan yang bisa di akses pada link https://t.me/ULTUnairBot (Platform Telegram).
Ketentuan tersebut di atas mengikat bagi setiap Calon Mahasiswa Baru UNAIR Tahun Akademik 2022/2023, apabila Calon Mahasiswa Baru tidak dapat memenuhi, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa baru UNAIR.
Ditetapkan di Surabaya
Tanggal 8Maret 2022
a.n. Rektor
Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaaan dan Alumni,
ttd
Prof. Dr. Bambang Sektiari Lukiswanto, drh., DEA
NIP 196208111989031009