News Program Fast Track FH UNAIR: Peluang Emas Studi Lanjut di Almamater Tercinta

Program Fast Track FH UNAIR: Peluang Emas Studi Lanjut di Almamater Tercinta

Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan program studi, jumlah mahasiswa S2, dan publikasi internasional, Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH UNAIR) menyelenggarakan program jalur percepatan sarjana ke magister yang disebut dengan program fast track. Program ini merupakan program percepatan S1 ke S2 yang ditujukan bagi mahasiswa agar dapat menyelesaikan program S1 dan S2 dalam kurun waktu lima tahun. 

FH UNAIR mengadakan sosialisasi program fast track pada Rabu (1/2/2023) di Aula Boedi Soesetyo Ruang 303, Gedung A FH UNAIR. FH UNAIR menawarkan program fast track dari Program Studi S1 Ilmu Hukum ke Program Studi S2 Magister Kenotariatan dan S2 Magister Ilmu Hukum. Program fast track ini mencakup fasilitas berupa pemberian kesempatan kepada mahasiswa S1 Ilmu Hukum untuk mengambil sebagian mata kuliah Program Studi S2 Magister Kenotariatan dan S2 Magister Ilmu Hukum di semester 7 dan semester 8 S1 Ilmu Hukum. 

Program fast track yang diusung oleh FH UNAIR dapat memberikan efisiensi waktu dan biaya, karena secara normal Program Studi S1 Ilmu Hukum ditempuh selama delapan semester dan Program Studi S2 Magister Kenotariatan atau S2 Magister Ilmu Hukum ditempuh selama tiga semester, sehingga seharusnya total untuk menuntaskan pendidikan S1 dan S2 di FH UNAIR apabila tidak mengikuti program fast track adalah sebelas semester. Namun, dengan program fast track, mahasiswa hanya perlu menempuh sembilan semester saja untuk pendidikan S1 dan S2 di FH UNAIR. Program ini juga menghemat biaya perkuliahan karena mencakup pembebasan biaya SOP di program S2 selama dua semester. 

Persyaratan untuk mengikuti program ini yaitu sebagai berikut: 

  1. Kandidat program fast track merupakan mahasiswa jenjang S1 yang terdaftar pada Program Studi S1 Ilmu Hukum FH UNAIR. 
  2. Kandidat program fast track merupakan mahasiswa yang telah menempuh semester 5 dengan capaian minimal 114 SKS dan memprogram minimal 18 SKS pada semester 6 bagi mahasiswa yang hendak melanjutkan studi ke S2 Magister Kenotariatan serta minimal 20 SKS pada semester 6 bagi mahasiswa yang hendak melanjutkan studi ke S2 Magister Ilmu Hukum. 
  3. Memiliki IPK minimal 3.50. 
  4. Memiliki skor nilai ELPT yang dikeluarkan Pusat Bahasa dan Multi Budaya UNAIR dengan nilai minimal 475. 
  5. Mendapatkan rekomendasi dari Koordinator Program Studi S1 Ilmu Hukum dan S2 Magister Kenotariatan atau S2 Magister Ilmu Hukum. 
  6. Menandatangani surat pernyataan kesediaan menempuh program fast track yang diketahui oleh orang tua atau wali. 
  7. Kandidat yang lulus seleksi program fast track akan mendapatkan SK Dekan FH UNAIR untuk kemudian diajukan kepada Direktorat Pendidikan UNAIR. 

Mahasiswa yang sudah lulus seleksi dan diterima sebagai mahasiswa program fast track kemudian harus memenuhi ketentuan-ketentuan sebagai berikut: 

  1. Mahasiswa wajib menyelesaikan semua persyaratan yudisium pada program S1 Ilmu Hukum paling lambat pada akhir semester 8. 
  2. Pada program S2 Magister Kenotariatan dan Magister Ilmu Hukum, mahasiswa wajib menyelesaikan semester I dan II dengan IPK minimal 3,50 dan minimal B untuk setiap mata kuliah.  
  3. Mahasiswa yang tidak memenuhi persyaratan 1 dan 2 di atas akan dibatalkan keikutsertaannya pada program fast track. Sehubungan dengan mata kuliah pada prodi S2 Magister Kenotariatan dan Magister Ilmu Hukum yang sudah berhasil ditempuh, mahasiswa bersangkutan akan mendapatkan surat keterangan yang berisi daftar mata kuliah dan SKS yang telah diperoleh. Jika mahasiswa melanjutkan studi di Prodi S2 Magister Kenotariatan dan Magister Ilmu Hukum, maka dapat melanjutkan dengan menempuh jalur reguler dengan ketentuan dan mekanisme yang tetapkan di Prodi S2 Magister Kenotariatan dan Magister Ilmu Hukum.   
  4. Koordinator Prodi S1 dan S2 mengadakan pertemuan dua kali dalam satu semester dengan peserta program fast track untuk memantau jalannya aktifitas akademik baik perkuliahan atau penyusunan skripsi (publikasi) berjalan dengan baik.  Prodi S1 dan S2 mengambil langkah-langkah yang diperlukan jika dijumpai masalah pada perjalanan program fast track.  

Untuk pendaftaran program fast track periode pertama ini dibuka mulai 1 Maret 2023 sampai dengan 31 Maret 2023 khusus untuk mahasiswa semester 6 FH UNAIR. Informasi seelengkapnya dapat juga dilihat pada laman https://fh.unair.ac.id/pendidikan/kelas-reguler/fast-track/  

Penulis : Dewi Yugi Arti 

Sumber informasi : unair.ac.id

Related Post

Sosialisasi Modul Tugas Akhir/Skripsi/Tesis/Disertasi di Fakultas Hukum oleh Direktorat Pendidikan Universitas AirlanggaSosialisasi Modul Tugas Akhir/Skripsi/Tesis/Disertasi di Fakultas Hukum oleh Direktorat Pendidikan Universitas Airlangga

Direktorat Pendidikan Universitas Airlangga telah melaksanakan Sosialiasasi Modul Tugas Akhir/Skripsi/Tesis/Disertasi di Fakultas Hukum Universitas Airlangga  pada hari Jumat (15/9/2023). Sebagai pembicara dari Direktorat Pendidikan adalah Bapak Achmad Fadilah, ST selaku

×