News Sambut Pertukaran Mahasiswa, Rektor UNAIR: Pulang Harus Jadi Orang Hebat

Sambut Pertukaran Mahasiswa, Rektor UNAIR: Pulang Harus Jadi Orang Hebat

UNAIR NEWS – Kegembiraan memenuhi atmosfer Aula Garuda Mukti, Kantor Manajemen Kampus Merr C UNAIR Minggu (15/8/2022) kemarin. Pasalnya, Pelepasan dan Penyambutan Mahasiswa Outbound dan Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dihadiri 301 mahasiswa dari luar Pulau Jawa. Mereka mendapatkan kesempatan belajar di UNAIR selama tiga hingga lima bulan ke depan.

Mereka adalah peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka inbound yang berasal dari 76 Perguruan Tinggi dari 44 kota di 25 provinsi di Indonesia. Terdapat total dua puluh kredit semester yang bisa mereka ambil selama menjadi peserta program PMM di UNAIR.

“Jangan sampai mahasiswa datang ke UNAIR ketika pulang lebih tidak pandai dibandingkan dengan saat ini,” tutur Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak CA dalam sambutannya.

Dirinya mengatakan, salah satu hal yang selalu ditekankan oleh Universitas Airlangga adalah bahwa, dalam aspek pendidikan, UNAIR memiliki strategi untuk memberikan nilai tambah yang maksimal dan berkontribusi signifikan.

“Dua hal ini yang selalu menjadi acuan kami dalam melekukan proses belajar mengajar,” terang pakar akuntansi ini.

Rektor UNAIR berpesan, ketika para peserta PMM pulang ke universitas masing-masing nantinya, harus ada nilai, ilmu tambahan, dan pengalaman belajar tertentu yang mereka bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk orang tua dan perguruan tinggi asal.

“Ini yang tidak boleh diganggu gugat. IPK-nya boleh turun, tapi ilmunya nggak boleh turun,” tuturnya.

Selain itu, menurut Prof Nasih, diperlukan kerja sama yang terjalin antara mahasiswa dan dosen dalam sebuah proses pembelajaran. Dalam kerja sama tersebut, kesungguhan mahasiswa menjadi kunci utama keberhasilan belajar. Kesungguhan mahasiswa bisa dibentuk dari meluruskan niat awal sebelum belajar.

“Jangan ada yang kesini niatnya mencari ilmu tapi tidak sungguh sungguh. Pasti ndak dapet,” pesannya.

Niat belajar bisa dikuatkan dengan nilai-nilai luhur. Nilai yang selalu ditanamkan di Universitas Airlangga, sesuai dengan mottonya adalah Excellence with Morality.

“Lebih detailnya dari Excellence with Morality itu, kita siapkan mereka yang pernah mencicipi pendidikan di Universitas Airlangga sebagai orang yang HEBAT,” ungkapnya.

Nilai-nilai dalam HEBAT terkristalisasi dalam perilaku rendah hati (Humble), unggul (Excellence), berani (Brave), cekatan (Agile), dan Transendent.

“Kalian semua nanti pulang harus menjadi orang-orang hebat,” tambahnya.

Penulis: Ghulam Phasa Pambayung
Editor: Khefti Al Mawalia

Sumber informasi: unair.ac.id

Related Post

×