News UNAIR Kuatkan Model Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Dasar Bersama

UNAIR Kuatkan Model Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Dasar Bersama

UNAIR NEWS – Unit Pendidikan Kebangsaan dan Karakter (UPKK) Universitas Airlangga pada Sabtu (28/1/2023) melakukan pembekalan terhadap 255 dosen pengampu (MK) mata kuliah Pembelajaran Dasar Bersama (PDB). Bertempat di Auditorium lantai 9, GKB Kampus C Mulyorejo, Universitas Airlangga Surabaya, kegiatan ini bertujuan untuk penguatan model pembelajaran berkarakter di UNAIR, khususnya di mata kuliah PDB. Di dalam penguatan tersebut juga disampaikan materi khusus terkait pencegahan kekerasan seksual di pendidikan tinggi.

Penguatan pendidikan karakter untuk dosen pengampu MK PDB merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di  tingkat universitas. Dosen merupakan salah satu kunci dalam proses pembelajaran, sehingga menjadi sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas dosen dalam bidang pendidikan karakter.

Melalui kegiatan ini, dosen dibekali pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam mengembangkan karakter mahasiswa. Selain itu, diharapkan dosen dapat mengintegrasikan nilai-nilai moral dan etika dalam pembelajaran di kelas, sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan mahasiswa secara keseluruhan.

Rangkaian kegiatan terdiri dari pemberian arahan kebijakan pengelolaan dan implementasi kurikulum berbasis karakter melalui kurikulum PDB UNAIR Semester Genap 2022/2023, Implementasi kurikulum PDB yang terintegrasi, koordinasi teknis terkait pembalajaran PDB, serta pembekalan dari PJMK masing-masing mata kuliah.

Adapun MK PDB yang diselenggarakan di Semester Genap 2022/2023 adalah MK Komunikasi dan Pengembangan Diri, MK Logika dan Pemikiran Kritis, serta MK Pengantar Kolaborasi Keilmuan. Ketiga MK itu diselenggarakan secara serentak dan terintegrasi untuk seluruh mahasiswa semester dua, dan langsung dikelola oleh UPKK UNAIR.

Bersama dengan hal itu, kegiatan ini juga menghadirkan Tim Satuan Petugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) yang memberikan pembekalan dan langkah kolaboratif untuk terus melakukan upaya pencegahan kekerasan seksual dengan proaktif dan konsisten agar dapat menciptakan suasana yang aman dan nyaman di kampus Universitas Airlangga serta memberikan perlindungan bagi seluruh civitas akademika, khususnya mahasiswa Universitas Airlangga.

Sumber informasi : UNAIR NEWS

Related Post

×