Announcement REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SBMPTN) TAHUN 2021

REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG DITERIMA MELALUI SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SBMPTN) TAHUN 2021

Calon mahasiswa Peogram Sarjana Universitas Airlangga yang lulus seleksi Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) WAJIB mengikuti proses registrasi secara online yang diatur sebagai berikut :

I. JADWAL REGISTRASI

NoKegiatanTanggal
 1Pengisian Biodata dan Upload Berkas Online melalui laman https://regmaba.unair.ac.id/ kemudian pilih menu SBMPTN16 – 21 Juni 2021
 2Verifikasi Berkas Keuangan online16 – 22 Juni 2021
Informasi Besaran UKT (INVOICE)24 Juni 2021 pukul 07.00 WIB
Pembayaran Biaya Pendidikan melalui ATM/teller/Internet Banking melalui bank mitra Universitas Airlangga di seluruh Indonesia dengan menyebutkan nomor peserta ujian (tata cara pembayaran dapat dilihat pada laman ). Berikut adalah bank mitra Universitas Airlangga :
1. Bank Mandiri,
2. BNI,
3. BSI ex. legacy BNI Syariah,
4. BRI, 
5. BTN,
6. BSI ex. legacy Mandiri Syariah dan
7. Bank JATIM
Khusus mahasiswa program S1 Ekonomi Islam diwajibkan membayar lewat Bank Syariah yang tersedia
24 – 30 Juni 2021
Bagi mahasiswa penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tahun 2021 yang diterima di SBMPTN UNAIR 2021 tidak perlu melakukan pembayaran hanya menunggu verifikasi berkas online
Verifikasi Berkas Registrasi Online Berkas yang sudah diverifikasi akan tampil Nomor Induk Mahasiswa (NIM)) dan dapat dilihat pada laman https://regmaba.unair.ac.id/24 – 30 Juni 2021
(Apabila ada berkas yang perlu diperbaiki maka akan ada notifikasi pada https://regmaba.unair.ac.id/ dan SMS)
Pengisian Kuesioner dan Cetak KTM Sementara melalui laman https://cybercampus.unair.ac.id/Dilakukan setelah mendapatkan NIM/sudah diverifikasi dengan login Username dan password dengan memasukkan NIM
Pengisian data online bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes.   Catatan : Penjelasan tentang pindah faskes dapat dilihat pada butir VI pada pengumuman ini 1. 1 – 7 Juli 2021, pada laman :    
2. bukti daftar BPJS/KIS dan/atau pindah fasilitas kesehatan PLK diupload pada laman  
3. Informasi lengkap dapat dilihat Informasi lengkap dapat dilihat pada laman http://plk.unair.ac.id/halaman-download/  atau instagram: @plk.unair   
Pengambilan JaketJadwal menyusul dapat dilihat pada laman https://kemahasiswaan.unair.ac.id/ Cp Jaket Chat Whatsapp :
1. WA. 082231064107
2. WA. 081259166445
Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022Jadwal dapat dilihat pada laman https://kemahasiswaan.unair.ac.id/
 10Jadwal Tes kemampuan Bahasa Inggris (ELPT)Jadwal dapat dilihat pada laman https://pusatbahasa.unair.ac.id/ Cp ELPT : Pusat Bahasa (Hp. 08113538181)

II. PRA REGISTRASI

  1. Calon Maba SBMPTN UNAIR wajib melakukan pengisian dengan lengkap dan benar Data Registrasi pada laman https://regmaba.unair.ac.id/ serta mempersiapkan dokumen sebagai berikut
  2. Calon Maba SBMPTN UNAIR wajib menyiapkan dokumen dan dipindai (scan) serta disimpan dalam format PDF dengan maksimal ukuran masing-masing dokumen 2 MB untuk file nomor 2 s/d 17 yang kemudian diunggah pada laman https://regmaba.unair.ac.id/, sebagai berikut :
No.BerkasKeterangan
 1Pas Foto Terbaru dengan kriteria sebagai berikut :
Berwarna dengan Latar Belakang Merah
Memakai pakaian putih berkerah
Bagi yang berjilbab, warna jilbab bebas
– Tidak memakai kaca mata
– Wajah dan badan pada pas photo melihat lurus kearah kamera
– Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi
– Pas photo merupakan close up dari kepala dan dada sehingga memenuhi 80% dari seluruh photo
Format : jpg
Ukuran : maks. 2 MB (file asli bukan hasil scan)  
 2Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2021Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
 3Surat Keterangan Lulus/IjazahFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
 4Akte Kelahiran Calon Mahasiswa BaruFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
 5Kartu Keluarga (KK) Asli orang tua/wali calon mahasiswa baruFormat : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
Surat  Pernyataan yang sudah ditandatangani di atas materai Rp. 10.000 (untuk NAPZA tidak perlu dibuktikan dengan tes hanya mengisi surat pernyataan saja)1. Form surat penyataan diunduh di laman
2. Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
Surat Keterangan Ketunaan bagi program studi yang mensyaratkan ketunaan Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan dengan biaya sendiri (syarat ketunaan lihat pada butir III)Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)  
Surat Keterangan Sehat/Berbadan Sehat yang diterbitkan oleh Rumah Sakit/Fasilitas Layanan Kesehatan dengan biaya sendiri  Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
 9Kartu BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS), bagi yang sudah mempunyai.Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
 10Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi yang memilikiFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
11 Keterangan penghasilan bruto, pekerjaan dan jabatan orang tua/wali dari instansi atau tempat bekerjanya atau Surat Keterangan dari RT/RW yang berisi keterangan Pekerjaan Orang tua/wali (bagi calon mahasiswa baru yang orang tua/walinya bekerja pada sektor informal atau tidak bekerja)Format : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
 12Akta Pendirian dan SIUP bagi orang tua/wali calon mahasiswa baru yang berprofesi pengusaha/wiraswastaFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
13 SPPT PBB  rumah orang tua/wali calon mahasiswa baru pada tahun terakhir atau Surat Keterangan RT/RW jika rumah kontrak/kosFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
 14pembayaran rekening listrik 2 (dua) bulan terakhir rumah orang tua/waliFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
 15STNK dan bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor yang dimiliki orang tua/waliFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
16 Surat Keterangan dari RT/RW yang berisi keterangan:   
1. Jumah kepemilikan rumah orang tua/wali
2. Jumlah kepemilikan  kendaraan roda 2(dua) dan roda 4 (empat) orang tua/wali
1. Format  : pdf Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)
2. Surat Keterangan dari RT/RW dapat menyusul atau menggunakan surat pernyataan orang tua/ wali bermaterai 10.000
 17Foto rumah tampak depan orang tua/wali calon mahasiswa baru yang kelihatan identitas nomor/bloknyaFormat : pdf
Ukuran : maks. 2 MB (per dokumen)

3. Penentuan tarif UKT (Uang Kuliah Tunggal) didasarkan atas entry data calon mahasiswa.

4. Calon Maba SBMPTN UNAIR akan mendapatkan informasi  perihal besaran tarif UKT (invoice) tanggal 24 Juni 2021 Pukul 07.00 WIB  melalui website https://regmaba.unair.ac.id.

III. TES KETUNAAN DAN KESEHATAN SERTA TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS (ELPT)

  1. Bagi Semua Calon Maba UNAIR wajib melakukan tes kesehatan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat/berbadan sehat (berkas dapat menyusul).
  2. Bagi Calon Maba UNAIR yang diterima WAJIB  melakukan tes Ketunaan dengan biaya sendiri di Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan yang dibuktikan dengan surat keterangan ketunaan sesuai dengan syarat khusus pada masing-masing program studi di bawah ini.
  3. Berikut program studi yang memiliki persyaratan khusus :
No.Program StudiPersyaratan Khusus
 1KebidananBerjenis Kelamin Perempuan
Lulusan SMA/MA IPA
 2KedokteranTidak buta warna total dan Parsial
Lulusan SMA/MA IPA
 3Kedokteran GigiTidak buta warna total
Lulusan SMA/MA IPA
 4FarmasiTidak Buta Warna Total & Parsial
Kedokteran HewanTidak Buta Warna Total
 6Biologi Tidak Buta Warna Total
FisikaTidak Buta Warna Total
 8KimiaTidak Buta Warna Total & Parsial
 9Teknik BiomedisTidak Buta Warna Total
10 Teknologi LingkunganTidak Buta Warna Total
11 Sistem InformasiTidak Buta Warna Total
12 Kesehatan MasyarakatTidak Buta Warna Total
13 GiziTidak Buta Warna Total
14 AkuakulturTidak Buta Warna Total
15 Teknologi Industri PerikananTidak Buta Warna Total
16 Kedokteran Hewan (PSDKU Banyuwangi)Tidak Buta Warna Total
17 Kesehatan Masyarakat (PSDKU Banyuwangi)Tidak Buta Warna Total
18 Akuakultur (PSDKU Banyuwangi)Tidak Buta Warna Total
19 Teknik IndustriTidak buta warna total
20 Teknik ElektroTidak buta warna total dan Parsial
21 Rekayasa NanoteknologiTidak buta warna total
22 Teknik Robotika dan Kecerdasan BuatanTidak buta warna total
 23Teknologi Sains DataTidak buta warna total

4. Calon Maba Unair harus melakukan tes kemampuan bahasa Inggris (ELPT) di Pusat Bahasa (PUSBA) UNAIR sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh PUSBA pada laman http://pusatbahasa.unair.ac.id/.

IV. PEMBUKAAN REKENING DAN PENGAMBILAN KTM

  1. Untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang sekaligus menjadi ATM, Calon MABA Unair WAJIB melakukan pembukaan rekening di Bank Cabang UNAIR sesuai dengan bank pembayaran awal.
  2. Pengambilan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi sebagai ATM dilakukan di bank masing- masing pada Cabang Universitas Airlangga yang akan diumumkan kemudian kemudian di fakultas masing-masing.

V. VERIFIKASI BPJS KESEHATAN/KIS/ASKES

Setiap Calon MABA Unair bagi yang sudah mempunyai ataupun yang belum mempunyai BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes WAJIB  mengisi google form dengan BENAR secara online dilaman

  1. Bagi calon Maba yang BELUM MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
    • Bertempat tinggal di luar Kota Surabaya DIHARAPKAN segera mendaftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan yang dekat tempat tinggal. Apabila perkuliahan telah dilaksanakan secara offline, dan mahasiswa kemudian berdomisili di Surabaya, maka mahasiswa wajib segera memindah kepesertaan BPJS nya ke Klinik PLK-UA Kampus B atau Klinik PLK-UA Kampus C. Mekanisme pemindahan kepesertaan bisa dilakukan sendiri melalui JKN Mobile.
    • Bertempat tinggal di Kota Surabaya (sekitar Kampus) maka DIHARAPKAN segera mendaftar BPJS/KIS dengan memilih fasilitas kesehatan di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR atau Klinik PLK-UA Kampus C Unair.
  2. Bagi calon Maba yang TELAH MEMILIKI Kartu BPJS/KIS/Askes:
    • Bertempat tinggal di Kota Surabaya (sekitar Kampus), DIHARAPKAN pindah kepesertaan dan memilih fasilitas kesehatan di Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR  atau Klinik PLK-UA Kampus C Unair.
    • Bertempat tinggal di luar kota Surabaya, untuk proses pindah faskes dilakukan apabila perkuliahan sudah dilakukan secara offline.

Calon Mahasiswa Unair yang telah melakukan pendaftaran BPJS/KIS dan pindah faskes ke Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR atau Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR WAJIB mengirim bukti foto ke link:

VI. CALON MAHASISWA PENERIMA BANTUAN KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) KULIAH TAHUN 2021

  1. Bagi calon mahasiswa baru penerima Bantuan KIP Kuliah Tahun 2021 melalui Jalur SBMPTN diwajibkan mengisi berkas persyaratan KIP Kuliah, berkas persyaratan dapat di unduh pada laman website https://www.kemahasiswaan.unair.ac.id.
  2. Berkas persyaratan KIP Kuliah, yang telah di lengkapi dapat dikirim melalui Email kemahasiswaan@ditkm.unair.ac.id mulai tanggal 1 – 9 Juli 2021.
  3. Untuk verifikasi tatap muka dan penjelasan penerimaan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah Tahun 2021 jadwal menyusul sampai dengan Pandemi COVID-19 berakhir (Jadwal akan diumumkan di laman website https://www.kemahasiswaan.unair.ac.id).

Informasi lengkap tentang  proses registrasi mahasiswa baru dapat  diakses melalui internet di laman Unair, https://www.unair.ac.id, dan laman Direktorat Pendidikan Unair, https://pendidikan.unair.ac.id. Apabila ada pertanyaan atau kendala dalam pengisian regmaba dapat menghubungi Pusat Bantuan yang bisa di akses  pada link https://t.me/ULTUnairBot (Platform Telegram).

Ketentuan tersebut di atas mengikat bagi setiap Calon Mahasiswa Baru UNAIR Tahun Akademik 2021/2022, apabila Calon Mahasiswa Baru  tidak dapat memenuhi, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa baru UNAIR.

Surabaya, 14 Juni 2021

 a.n. Rektor                                                      

Wakil Rektor AMA,

Ttd

  Prof. Dr. Bambang Sektiari Lukiswanto, drh., DEA

NIP. 196208111989031009

DOWNLOAD FILE PENGUMUMAN DISINI

Related Post

×